Kristen pun Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Perjuangan Palestina untuk lepas dari kependudukan Israel tidak hanya mendapatkan dukungan dari negara-negara Muslim. Negara non-Muslim yang notabene tidak memiliki keterikatan keyakinan juga mendukung kemerdekaan Palestina.

Demikian diungkapkan Jurubicara Hamas, Osama Hamdan kepada Republika, di Jakarta, Kamis (30/6). Osama mengatakan tidak sedikit dari negara non-Islam yang menolak kependudukan Israel atas Palestina.

Mereka menganggap apa yang dilakukan Israel hanya mengganggu stabilitas di kawasan Timur Tengah. Karena itu, menurut mereka, apa yang diperjuangkan rakyat Palestina harus mendapatkan dukungan.

Apalagi, lanjut Osama, Palestina juga memiliki warga Nasrani yang jumlahnya cukup besar. Keberadaan warga Nasrani di Palestina tentu menjadi perhatian negara-negara Non-Muslim yang bersimpati kepada Palestina. Jadi, ada semacam naluri untuk membela saudaranya. “Kita berasal dari nenek moyang yang sama, itu yang harus kita percayai,” kata dia.

Dikatakan Ahmed, warga Nasrani juga berjuang seperti saudara mereka yang Muslim untuk membebaskan Palestina dari Israel. Perjuangan mereka bahkan luar bisa. “Jadi, kami punya dukungan besar,” ungkap dia.

Dukungan itu, menurut Osama, sangat penting dan positif. Sebab, tanpa dukungan itu mustahil Palestina bisa mewujudkan cita-citanya. Apalagi di tengah arus kuat yang menekan perjuangan rakyat Palestina, utamanya yang berada di Gaza.
*republika
telegram