Masjid tak Hanya Buat Shalat, tapi Juga Aktivitas Politik dan Sosial

Ketua Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik (STAIN SAS) Babel, Irawan, mengemukakan, masyarakat Provinsi Bangka Belitung (Babel) dalam memahami fungsi Masjid masih kurang. "Masjid bukan hanya digunakan untuk menjalankan shalat wajib atau sunnah saja, tapi bisa dilakukan untuk berbagai aktivitas seperti aktivitas politik, sosial, kajian Islam dan kegiatan lainnya," ujarnya di Petaling, Kamis (23/6).

Ia menyayangkan, aktivitas-aktivitas yang pernah dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW saat ini sudah mulai terlupakan oleh masyarakat. "Pada zaman Rasulullah, hampir seluruh aktivitasnya dilakukan di masjid dan saat ini sudah mulai dilupakan oleh masyarakat yang telah terpengaruh oleh budaya barat, sehingga ketika orang yang memakai atribut Islam dan menjalankan ibadah di Masjid dicap sebagai teroris," ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, masyarakat harus meningkatkan pemahamannya tentang keutamaan menunaikan shalat wajib berjamaah di Masjid. "Shalat wajib berjamaah di Masjid pahalanya 27 kali lipat dari shalat sendiri di rumah," katanya menjelaskan.

Ia menyatakan, melakukan berbagai jenis kegiatan kebaikan di Masjid memiliki nilai lebih besar dari tempat lain. "Selain pahala yang berlipat ganda ketika menunaikan shalat wajib berjamaah, di dalam Masjid juga terdapat nilai-nilai persatuan, rasa tolong menolong, serta bisa mempererat rasa persaudaraan," ungkapnya.

Ia mengatakan, saat ini banyak Masjid yang terlihat sepi dapat dilihat dari banyaknya ruangan yang kosong ketika waktu shalat tiba. "Saat ini di Provinsi Babel bangunan Masjid sangat banyak dan megah-megah, namun kesadaran mereka untuk menjalankan ibadah wajib atau sunnah masih rendah dapat dilihat dari banyaknya masjid-masjid yang kosong," bebernya.

Masyarakat Provinsi Babel dapat meningkatkan pemahamannya tentang keutamaan beribadah di Masjid dan memperbanyak mengadakan kegiatan kebaikan di Masjid. "Kami berharap masyarakat bisa tergugah hatinya untuk melakukan kegiatan-kegiatan kebaikan di Masjid sehingga Masjid bisa lebih ramai dari sebelumnya," katanya penuh harap.
telegram