Ketua Badan kerjasama antar parlemen, Hidayat Nur Wahid, usai penutupan konferensi tersebut mengklaim sebagian besar peserta konferensi mendukung perjuangan Palestina.
“Penyebutan bahwa kami mengakui dan mendukung seluruh resolusi terkait Palestina, baik yang dikeluarkan oleh organisasi perlemen Asia, APA, maupun PBB, akhirnya tadi disepakati secara aklamasi bahwa Solo Declarations juga mengakomodasi dukungan pada negara Palestina merdeka dengan ibukota Yerusalem”, demikian ujar Hidayat Nur Wahid.
Lebih lanjut Hidayat mengungkapkan konferensi parlemen se-Asia tersebut juga menyerukan pembebasan tahanan Palestina di Israel yang sebagian besar adalah anggota parlemen Palestina.
Konferensi yang berlangsung selama dua hari sejak rabu ini menghasilkan deklarasi Solo. Deklarasi tersebut berisi komitmen parlemen negara konferensi ini untuk mendorong pemerintah masing-masing memiliki Undang-Undang atau aturan perlindungan hak buruh migran. Selain itu, penyelesaian konflik antar negara anggota konferensi tersebut dilakukan dengan memprioritaskan perdamaian.[voan/IM]