Pengungsi Palestina di Irak tak Terlindungi

Organisasi Palestinian Return Center (PRC) menyatakan bahwa kondisi pengungsi Palasetina di Irak memprihatinkan, kondisi mereka bahkan di nilai lebih buruk dari kondisi pengungsi palestina lainnya yang ada di kamp-kamp pengungsi lainnya yang ada di tempat lainnya di seluruh dunia, hal ini di sebabkan meluasnya eskalasi serangan terhadap mereka.


Menurut duta besar Palestina di Irak, ada sekitar 7.000 pengungsi Palestina saat ini, namun sebelum Amerika menginpasi negeri 1001 malam ini pada 2003 silam ada sekitar 35.000 pengungsi, menyusutnya jumlah pengungsi ini di sebabkan mereka sudah merasa tidak aman lagi berada di Irak, kebanyakan dari mereka memilih mengungsi ke kamp pengungsian yang berada di suriah.

PRC yang bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan lainnya seperti UNRWA dan UNHCR berusaha memantau dan merelokasikan pengungsi ke berbagai negara seperti Suriah, Brazil, Siprus dan India.

Prc yang memantau para pengungsi ini menyatakan, mereka yang tinggal di kamp pengungsian yang berada di wilayah... kerap menjadi sasaran serangan dan penganiayaan pasukan pemerintah Irak dan kelompok bersenjata tak di kenal.

"Situasinya sudah tidak bisa ditolerir lagi," kata Direktur PRC, Zeer, "demokrasi baru yang ditanamkan pemerintah Barat di Irak, seharusnya mampu melindungi warga minoritas, dan pemerintah Irak selayaknya memberikan jaminan keamanan bagi para pengungsi Palestina ini."
telegram