Inilah 5 Kebiasaan Muslimah di Ramadhan yang Bernilai Amal Istimewa di Sisi Allah

Sepintas, lima aktifitas ini tampak biasa-biasa saja. Mengapa? Karena para muslimah biasa mengerjakannya selama bulan Ramadhan.
Namun, dengan niat yang benar, ternyata lima amal ini bernilai sangat istimewa dalam pandangan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Membangunkan suami dan anak-anak

Di antara kebiasaan muslimah di Indonesia adalah membangunkan suami dan anak-anaknya untuk makan sahur. Di banyak keluarga, muslimah menjadi kunci utama. Jika ia tidak bangun, suami dan anak-anaknya terlambat bangun.
Membangunkan suami dan anak-anak untuk makan sahur sepintas mungkin tampak biasa-biasa saja. Namun sebenarnya, dengan niat ibadah agar suami dan anak-anak makan sahur dan berpuasa, ia telah mendapatkan pahala yang luar biasa.

Menyiapkan makan sahur

Bukan hanya membangunkan suami dan anak-anak, di antara kebiasaan kaum muslimah di Indonesia adalah bangun lebih dulu untuk memasak. Menyiapkan makan sahur bagi keluarganya. Lagi-lagi, ini adalah pahala besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebab dengan kebaikan seorang istri, suami bisa makan sahur. Dengan kebaikan seorang ibu, anak-anak bisa makan sahur.
Dalam sahur terdapat keberkahan sebagaimana sabda Rasulullah:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (Muttafaqun ‘alaih)
Dengan peran ibu yang memasakkan dan membangunkan, jadilah sekeluarga bisa makan sahur dan insya Allah keluarga tersebut mendapatkan limpahan keberkahan dari Allah Azza wa Jalla.

Menyiapkan buka puasa

Kebiasaan muslimah lainnya adalah menyiapkan buka puasa. Memasak dan menyiapkan buka puasa tidak ubahnya seperti memberi buka puasa. Pahalanya luar biasa, yakni mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; hasan shahih)
Bisa dibayangkan luar biasanya pahala seorang ibu yang menyiapkan buka puasa untuk suami dan anak-anaknya.

Mengajak anak shalat tarawih

Seorang ibu biasanya mengajak anak-anaknya shalat tarawih. Khususnya anak perempuan atau anak yang masih kecil. Kelihatan sepele, tetapi sesungguhnya ada pahala luar biasa karena telah mendidik anak untuk shalat malam.

Mengajari anak baca Qur’an

Di malam Ramadhan, banyak muslimah mengajari anak-anaknya membaca Qur’an atau tadarus di rumah. Selain mendapatkan pahala mengajarkan ilmu yang sifatnya tak terputus pahalanya ketika anak nantinya terus membaca Qur’an, ia juga mendapatkan pahala mengajak anak membaca Qur’an yang keutamaannya menurut Rasulullah adalah satu huruf bernilai sepuluh kebaikan. Apalagi di bulan Ramadhan, keutamaan itu bisa dilipatgandakan lagi. Masya Allah. 
[suber:Webmuslimah]
telegram