Kecelakaan Hercules ingatkan tragedi Mandala Airlines 10 tahun silam

Jatuhnya pesawat Hercules milik TNI AU, Selasa (30/6) di dekat eks Bandara Polonia Medan mengingatkan tragedi jatuhnya Mandala Airlines 10 tahun yang lalu.

Kecelakaan pesawat Boeing 737-200 tersebut terjadi saat lepas landas dari Bandara Polonia Medan. Dari 117 orang (112 penumpang dan 5 awak), hanya 16 penumpang yang selamat. 

Kecelakaan yang terjadi pada tanggal 5 September 2005 tersebut menewaskan Gubernur Sumatera Utara, Tengku Rizal Nurdin. Dalam perjalanan tersebut, sang gubernur berencana untuk bertemu presiden dan mantan gubernur Sumatera Utara, Raja Inal Siregar. Selain itu, dua warga asal China juga turut menjadi korban. 

Lebih tragisnya lagi, kecelakaan pesawat ini juga menewaskan 44 korban jiwa yang ada di darat yang merupakan penduduk setempat. Pihak  KNKT sendiri masih belum bisa memastikan terkait dengan penyebab kecelakaan tersebut. Meskipun begitu, beredar isu bahwa pesawat ini kelebihan muatan durian yang berbobot 2 ton. 

Pesawat jurusan Medan-Jakarta  tersebut jatuh sekitar 100 meter dari bandara pada pukul 09.40 WIB. Bagian pesawat yang tersisa hanyalah ekornya saja yang bertuliskan PK-RIM.
sumber: brilio
telegram