Mitos Bunuh Cicak Dapat Pahala, Benarkah?

Cicak adalah hewan menjijikan yang tidak memberikan manfaat bagi manusia sehingga dalam islam disunnahkan untuk membunuhnya, makanya ayo bunuh cicak, karena berpahala. Banyak hadits yang membahas tentang sunnah dalam membunuh cicak. Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa Rosulullah mensunnahkan untuk membunuh cicak, mau tahu? mari kita simak penjelasannya.


Ini Sunnah! Ayo Bunuh Cicak, Karena Berpahala
Banyak hadits nabi yang menganjurkan untuk membunuh cicak. Kenapa cicak berpahala jika dibunuh? padahal keberadaan cicak dapat mengurangi populasi nyamuk. Berikut beberapa penjelasan seputar sunnah membunuh cicak.

1. Cicak merupakan binatang yang berbahaya bagi kesehatan dan tidak memiliki manfaat yang berarti bagi manusia, sehingga binatang ini dianjurkan untuk di bunuh.

2. Membunuh cicak merupakan suatu kesunnahan tanpa pengecualian, hal ini di jelaskan dari Ummu Syarik bahwa Rosul pernah memerintahkan untuk membunuh cicak karena hewan ini telah meniup dan memperbesar api yang telah membakar nabi Ibrahim. Selain itu, dari Abu Hurairah juga menjelaskan bahwa Rosul pernah menerangkan bahwa membunuh cicak dengan 1 kali pukulan berpahala lebih besar dari pada dengan pukulan kedua

3. Kotoran cicak mengandung bakteri yang berbahaya yaitu bakteri E. Coli yang dapat menimbulkan sakit perut dan bahkan keracunan makanan

Itulah beberapa penjelasn kesunnahan untuk membunuh cicak. Ada beberapa hikmah membunuh cicak yang dapat diambil, yaitu:

1. Mengikuti sunnah Rosul merupakan suatu kesempurnaan sebagai seorang muslim
2. Sesuatu yang kecil dan memiliki banyak kemudharatan wajib untuk disingkirkan
3. Terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang ada dalam kotoran cicak
4. Setiap umat muslim harus tunduk dengan syari’at karena manusia mempunyai keterbatasan fikiran
5. Perintah membunuh cicak merupakan suatu ujian bagi manusia, apakah manusia akan taat dengan ketetapan Allah atau malah mengedepankan pikiran mereka yang terbatas sehingga menolak perintah tersebut

Ayo Bunuh Cicak, Karena Berpahala, Tapi Dengan Cara yang Benar
Cicak memiliki berbagai jenis dan bersarang di berbagai tempat yang berbeda-beda. Apa saja jenis cicak? Mari kita lihat daftarnya:

1. Cicak Kayu (Hemidactylus frenatus)  
Cicak jenis ini memiliki ekor bulat dan bertubuh kurus. Sesuai dengan namanya, jenis ini bertempat tinggal di tempat-tempat berkayu seperti pohon dan atap rumah kayu.

2. Cicak Gula (Gehyra mutilata)
Cicak ini memiliki postur tubuh kurus dan berkulit agak transparan. Hewan ini biasa dijumpai di area dalam rumah seperti kamar mandi dan dapur untuk mencari gula

3. Cicak Tembok (Cosymbotus platyurus)
Cicak Tembok memiliki tubuh pipih dan berekor lebar. Hewan ini biasa menempel di sekitar tembok dan plafon rumah.

Dalam islam memang dianjurkan untuk membunuh cicak. Tidak hanya membunuhnya, kita juga harus melakukan pencegahan perkembangbiakannya dan dampak negatif bagi kesehatan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Semprotkan pestisida di beberapa tempat disekitar rumah yang sering ditemukan cicak seperti atap rumah.

2. Basmi sumber makanan cicak yaitu nyamuk dengan menyemprotkan obat nyamuk. Sehingga dengan menurunnya jumlah populasi nyamuk maka secara langsung akan mengurangi jumlah populasi cicak.

3. Cucilah piring dan wadah yang telah digunakan dengan bersih

4. Bersihkan sisa makanan yang ada di meja

5. Simpanlah makanan di tempat yang benar-benar tertutup

6. Simpan barang berharga di tempat yang aman dan taruhlah hand phone dalam keadaan terbalik agar cicak tidak merayap pada layarnya

Cara diatas cukup mudah dilakukan di rumah untuk mengatasi masalah cicak. Ayo bunuh cicak, karena berpahala dan agar terhindar dari penyakit.
sumber: kumpulanmisteri

telegram