Ini 6 Pilar Meraih Kebahagiaan Pernikahan

Untuk bisa meraih kebahagiaan hidup berumah tangga, harus dimulai sejak dari proses pernikahannya.

1. Niat yang benar dan kuat.

Menikahlah dengan niat ibadah, melaksanakan perintah Allah dan tuntunan Rasulullah Saw. Niat yang ikhlas karena Allah menjadi pondasi kebahagiaan.

2. Persiapan yang cukup.

Bukan sekedar pingin nikah, namun harus memiliki kesiapan secara spiritual, mental, moral, intelektual, finansial serta kesiapan fisik.

3. Proses yang sesuai tuntunan agama.

Kebaikan dan kelurusan proses pernikahan menjadi pilar penting untuk merealisasikan niat ibadah tersebut. Jangan ada pelanggaran dan kemaksiatan sepanjang prosesnya, karena anda tengah menunaikan ibadah.

4. Penjagaan hati selama proses pernikahan.

Kebersihan hati sangat penting untuk memunculkan kebahagiaan dalam kehidupan. Jangan mengotori hati dengan pemuasan syahwat sebelum menikah. Jaga diri, dia belum halal bagi anda sebelum akad nikah.

5. Memilih calon dengan kriteria kebaikan agama.

Jangan terpedaya oleh kecantikan, ketampanan, kekayaan, penampilan dan hal-hal fisik serta materi lainnya. Yang paling utama adalah kebaikan agama yang bisa dilihat dari kebaikan akhlaknya.

6. Komitmen untuk saling menguatkan dalam keimanan, ibadah dan kebaikan.

Suami dan istri harus saling menguatkan untuk membentuk keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah di atas landasan iman. Mereka memiliki komitmen untuk hidup dalam kebaikan, saling mengingatkan dan menguatkan untuk menegakkan ibadah serta amal kebajikan.

Oleh : Ustadz Cahyadi Takariawan
telegram