Ini Amal yang Bisa Dilakukan pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Sesungguhnya begitu besar keutamaan melakukan amal shaleh pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Apa sajakah amalan yang kiranya dapat kami lakukan? Berikut berbagai di antaranya:



1. Mempertidak sedikit tahlil, takbir serta tahmid

Yakni pertidak sedikit membaca 'Laa ilaaha illallaah', 'Allaahuakbar' serta 'Alhamdulillah' dengan cara sendiri-sendiri.

"Imam Ahmad, rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

Tidak ada hari yang paling agung serta amat dicintai Allah untuk berbuat kebaapabilan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka pertidak sedikitlah pada saat itu tahlil, takbir serta tahmid".


2. Melakukan ibadah haji serta umroh

"Dari umrah ke umrah merupakan tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, serta haji yang mabrur balasannya tiada lain merupakan Surga". (Hadits)


3. Mempertidak sedikit puasa selagi 10 hari tersebut, khususnya melakukan puasa Arafah

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah rahimahullah bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Berpuasa pada hari Arafah sebab mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum serta setelahnya."


4. Bertaubat meninggalkan segala lakukanan maksiat dengan kesadaran penuh

Disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, bahwasanya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Sesungguhnya Allah itu cemburu, dan kecemburuan Allah itu manakala seorang hamba meperbuat apa yang diharamkan Allah terhadapnya" [Hadits Muttafaqun 'Alaihi]

Maka apabila kami berniat taubat sungguh-sungguh pada 10 hari pertama Dzulhijjah ini, in syaa Allah taubat tersebut bakal mengangkat kami pada keridhoan Allah.

5. Tak sedikit meperbuat amal Shalih untuk diri sendiri dan masyarakat

Pertidak sedikit ibadah sunah semacam shalat Rawatib, Tahajud, Dhuha, bersedekah, tilawah quran, amar ma'ruf nahi munkar, dan lain sebagainya.

Bahkan amal ibadah yang tak mutlak bila diperbuat pada 10 hari bulan Dzulhijjah ini bakal menjadi lebih mutlak dan dicintai Allah daripada amal ibadah pada hari lainnya.

6. Berkurban Pada Hari Raya Qurban Dan Hari-Hari Tasyriq

Hal ini merupakan sunnah Nabi Ibrahim 'Alaihissalam, yakni ketika Allah Ta'ala menebus putranya dengan sembelihan yang agung. Diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Berkurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, dan meletakkan kaki beliau di segi tubuh domba itu". [Muttafaqun 'Alaihi]

Demikianlah berbagai amal shaleh yang dapat diperbuat selagi 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, mengingat keutamaan amalan di hari-kali ini, hendaknya setiap muslim tak meremehkannya dan meperbuat yang paling baik supaya tak memenyesal. Wallaahualam.

telegram