Ini Jenis-jenis Vitamin yang Wajib Anda Ketahui dan Manfaatnya untuk Tubuh

Vitamin merupakan sekelompok substansi yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan fungsi sel, serta pertumbuhan.
Vitamin dikelompokan menjadi 2 kategori yaitu :
  • Vitamin yang larut lemak dimana vitamin jenis ini disimpan di bagian tubuh yang mengandung lemak. Ada empat jenis vitamin yang larut lemak yaitu vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K.
  • Vitamin yang larut dengan air, tubuh akan menggunakan vitamin yang larut air segera, sisa dari vitamin-vitamin ini akan dikeluarkan tubuh melalui urin. Ada Sembilan jenis vitamin ini, vitamin B12 hanya satu-satunya vitamin yang larut lemak yang bisa disimpan di hati selama bertahun-tahun.

Fungsi dari vitamin-vitamin ini ada berbagai macam, dan memegang peran penting dalam keseimbangan tubuh. Kekurangan vitamin atau defisiensi vitamin adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak memdapati vitamin yang cukup dan bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. 
Berikut adalah beberapa manfaat dari  beberapa jenis vitamin yang penting untuk tubuh.
  • Vitamin A
    Membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, jaringan lunak, membran mukosa, dan kulit. Anda bisa mendapatkan jenis vitamin ini dari sayuran yang berwarna gelap, telur, produk susu, hati, dan ikan.
  • Vitamin B6 (pyridoxine)
    Membantu menjaga fungsi dari sel darah merah dan fungsi otak. Vitamin jenis ini juga berfungsi untuk berbgai reaksi kimia di tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin jenis ini di buah alpukat, pisang, daging, kacang, daging ungags, serta gandum.
Simak lanjutannya di halaman berikutnya.
  • Vitamin B12
    Seperti jenis vitamin B lainnya, vitamin jenis ini sangatlah penting untuk metabolisme. Vitamin jenis ini juga membantu membentuk sel darah merah serta menjaga fungsi dari sistem saraf sentral. Anda bisa mendapatkannya di daging, telur, produk susu, dan ikan.
  • Vitamin C (ascorbic acid)
    Vitamin jenis ini berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Vitamin ini membantu metabolisme zat besi serta menjaga kesehatan tubuh dan bisa mempercepat penyembuhan. Anda bisa mendapatkannya dari brokoli, sawi, jeruk, tomat, lemon, stroberi, bayam, dan kentang.
  • Vitamin D
    Juga disebut sebagai “Vitamin Matahari” oleh karena vitamin jenis ini diproduksi oleh tubuh setelah paparan sinar matahari. Sepuluh  hingga 15 menit dibawah sinar matahari selama 3 kali dalam seminggu dibutuhkan untuk memproduksi vitamin D. Anda bisa mendapatkan jenis ini dari seafood dan produk susu.
  • Vitamin E
    Vitamin E yang diketahui sebagai antioksidant yang disebut juga sebagai tocopherol. Vitamin jenis ini penting dalam perannya membentuk sel darah merah dan membantu tubuh menggunakan vitamin K. Anda bisa menemukannya di alpukat, sayuran gelap, minyak,  serta kacang-kacangan.
(oleh: dr. Dewi Ema Anindia / klikdokter)

telegram