Ini 3 Dosa Besar yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar

Allah sudah menetapkan apapun yang dihalalkan serta apapun yang diharamkan untuk kita. Oleh sebab itu kita harus mentaati aturan-aturan yang sudah Allah tetapkan untuk kita.

Karena apabila kita melanggar apa yang sudah Allah tetapkan jadi kita akan memperoleh dosa. Seperti yang sudah kita tahu, dosa terbagi menjadi dua bagian yakni dosa besar serta dosa kecil. Dosa besar merupakan dosa yang paling berat kadar dosanya, bahkan apabila seseorang melakukan dosa besar serta sampai akhir hayatnya ia tak bertaubat, jadi orang tersebut akan memperoleh azab yang besar di akhirat kelak.

Namun, dalam kehidupan kita mirip kini ini dosa-dosa besar berikut ini tanpa sadar tak jarang sekali dilakukan oleh orang-orang. Mereka tak sadar bahwa apa yang dilakukan itu membikin dia terancam azab yang sangat mengerikan di akhirat kelak, serta berikut ini ialah 3 dosa besar yang tak jarang dilakukan tanpa disadari.

1. RIBA


Riba ialah salah satu dosa besar yang tak jarang dilakukan tanpa diri kita sadar. Padahal riba ialah sesuatu yang sudah Allah haramkan bagi kita mirip yang disebutkan dalam Alquran,

"...padahal Allah sudah menghalalkan jual beli serta mengharamkan riba..." [QS. Al-Baqarah ayat 275]

Riba berarti menetapkan bunga alias dalam kata lain melebihkan jumlah pengembalian pinjaman dengan berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok.

Saat ini, riba sangat tak jarang kita jumpai dalam beberapa bentuk serta dengan nama yang berbeda-beda. Adapun beberapa contoh riba dalam kehidupan sehari-hari seperti:
  • Transaksi perbankan (Bunga)
  • Transaksi jual-beli dengan cara kredit
  • Transaksi Asuransi

Namun sayangnya sebab argumen keadaan, praktik riba ini tak jarang diabaikan oleh tak sedikit orang. Padahal tiap-tiap orang yang terlibat riba sama-sama memperoleh dosa yang besar. Bahkan Rasulullah sempat bersabda bahwa riba itu ada 70 macam dosa serta Rasul mengibaratkan yang paling ringan dari dosa riba ialah mirip seseorang yang berzina dengan ibunya, astaghfirullah.


2. RIYA' (PAMER)


Riya juga ialah salah satu dosa besar yang tak jarang dilakukan tanpa sadar. Allah sudah berfirman dalam surat Al-Ma'un bahwa orang-orang yang riya' ialah tergolong dalam golongan orang yang celaka.

Orang yang suka menyebut-nyebut pemberiannya dihadapan orang lain dengan tujuan supaya dia dipuji bahwa ia ialah orang yang gemar memberi serta sebagainya juga tergolong dalam kategori riya'.

Selain itu, orang yang shalat, menyimak Alquran alias beribadah lainnya dengan tujuan supaya memperoleh kebanggaan bahwa dia ialah orang yang alim juga tergolong kedalam riya.

Riya' tidak hanya sebagai salah satu dosa besar juga ialah sebuah faktor yang menyebabkan terhapusnya amalan baik seseorang. Untuk itu betapa baiknya bagi kita untuk menjauhi sifat riya'.

3. MENYAKITI TETANGGA


Tetangga ialah tergolong orang yang dekat dengan kita, oleh sebab itu dalam Islam dianjurkan untuk rutin berbuat baik terhadap orang-orang terdekat kita tergolong terhadap tetangga.

Menyakiti tetangga ialah sebuah dosa besar yang juga tak jarang tak kita sadari. Padahal orang yang menakiti tetangga tak akan masuk kedalam surga, mirip yang sudah disabdakan oleh Rasulullah:

"Tidak masuk surga seseorang yang tetangganya tak merasa aman dari kejahatannya." [HR. Bukhari serta Muslim]

Untuk itu jagalah perilaku serta perkataan terhadap tetangga kita, sebab mungkin siapa tahu tanpa sadar kita bisa menyakiti tetangga kita dengan perkataan. Kemudian tidak hanya itu, Rasulullah juga memerintahkan kita untuk rutin share dengan tetangga. Bahkan Rasulullah sempat memberi tau bahwa kita tak boleh kenyang sedangkan tetangga kita ada yang kelaparan.

Oleh sebab itu kita wajib rutin berteman dengan orang-orang yang berada di kurang lebih lingkungan kita serta menolong tetangga kita yang sedang memperlukan bantuan dengan semampu kita.

Itulah beberapa dosa besar yang tak jarang dilakukan tanpa sadar. Semoga kita bisa menjaga diri kita dari perbuatan-perbuatan mirip itu. Semoga berguna serta kami mohon maaf jika ada kesalahan. (sumber: makintahu)
BACA JUGA: Ketahuilah, Aku Milik Suamiku dan Suamiku Milik Ibunya
telegram