Ini 6 Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Sakit Hati yang Tak Terobati

Sahabat jangan diamkan perasaan sakit hati! Karena berpotensi membawa penyakit fisik yang tak terduga.
Sakit hati bisa menyebabkan seseorang depresi atau memendam amarah dan emosi negatif lainnya, tentu hal ini berdampak pula pada kesehatan tubuh.
Berikut ini beberapa penyakit yang mungkin hinggap jika sakit hati tak segera diobati:

1. Mudah terserang flu dan demam
Ketika sakit hati, banyak orang terkena stres, sistem imun tubuh yang melemah, menyebabkan tubuh menjadi mudah terserang flu dan demam. Ini disebabkan hormon kortisol yang menganggu tubuh ketika stres. 

2. Hipertensi
Stres dan emosi negatif membuat jantung berdetak lebih cepat hingga menyebabkan pembuluh darah menyempit. Maka terjadilah hipertensi.
3. Kanker
Akibat sistem imun tubuh yang melemah, menyebabkan tidak adanya sesuatu yang krusial dalam melawan virus kanker di tubuh. Sehingga orang yang mudah sakit hati akan rentan terkena kanker.
 4. Jantung dan stroke
Jam tidur dan pola makan, yang seharusnya bisa menjadi salah satu obat untuk mengatasi stres, malah terggangu ketika sakit hati tak segera diobati, sehingga akan semakin menambah risiko terjadinya penyakit jantung hingga stroke.
5. Diabetes
Ilmuwan percaya bahwa tingkat produksi kortisol yang tinggi akan membahayakan sel di dalam pankreas yang memproduksi insulin, yang seharusnya berfungsi untuk mengontrol gula darah.
Komplikasi yang terjadi dari diabetes dapat menjadi serius dalam menyebabkan gangguan pernapasan, penglihatan, penyakit jantung dan ginjal, hingga keguguran.
6. Peradangan usus
Sakit peradangan usus juga dialami mereka yang depresi karena menahan sakit hati. Ini merupakan peradangan jangka panjang yang terjadi di usus besar. Akibatnya perut terasa kram, kehilangan nafsu makan, hingga pendarahan.
Jelas bahwa sakit hati tak boleh dipendam. Obatilah dengan rasa memaafkan. Bukankah Rasul mencontohkan kita untuk menjadi pemaaf? (ummi-online)
telegram