Tak Usah Bersedih, Inilah Keuntungan Anak yang Ditinggal Ibu Bekerja

Sahabat Beradab.com, tidak semua ibu beruntung bisa menjadi 'full time mother' yang bisa selalu melihat tumbuh kembang putra-putrinya di rumah, terkadang keadaan mengharuskan seorang ibu bekerja di luar rumah.
Akan tetapi tak perlu bersedih atau berkecil hati, karena anak yang memiliki seorang ibu pekerja akan mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya beberapa hal berikut ini:

1. Belajar mandiri
Seorang anak akan 'dipaksa' untuk belajar mandiri sejak dini jika sang ibu merupakan seorang pekerja yang tidak senantiasa berada di sisinya mengurus segala keperluan.
Apalagi ibu yang bekerja kantoran biasanya akan mendelegasikan berbagai pekerjaan rumah pada anak-anak maupun suaminya disebabkan tak memiliki banyak waktu untuk mengurus segala pekerjaan rumah tangga, ini membuat anak lebih terbiasa mandiri dan menyelesaikan segala permasalahannya sendiri sebelum meminta bantuan ibu dan ayahnya.
 2. Lebih kaya wawasan dengan melihat cara ibunda mengatur waktu dan mengerjakan tugas-tugasnya
Biasanya seorang ibu pekerja merupakan seorang multitasker, anak bisa belajar banyak dari cara sang ibunda mengatur waktu dan prioritasnya.
Ibu yang bekerja juga diharapkan bisa meluangkan waktu untuk berbagi cerita pada anaknya mengenai pekerjaannya, kondisi dunia saat ini, dan hal-hal update lainnya yang bisa meluaskan wawasan sang anak, dan hal ini sangat berguna sebagai referensi sang buah hati di masa depan.
3. Lebih menghargai kebersamaan dalam keluarga
Seorang anak yang tidak selalu 24 jam bersama ayah dan ibundanya akan lebih bisa menghargai waktu kebersamaan dalam keluarga. Ia akan sangat memanfaatkan waktu di saat ayah dan ibunda berkumpul bersamanya.
Ibu yang bekerja di luar rumah tak perlu merasa telah meninggalkan dan mengabaikan anak, belajarlah untuk mengatur prioritas dan tetap mengutamakan kebutuhan anak terhadap ibundanya.
Sesungguhnya hanya Allah yang berhak atas segala penilaian terhadap apa yang kita lakukan. Maka tak perlu mendengarkan komentar buruk orang di sekitar mengenai ibu bekerja, dan tetap lakukan yang terbaik untuk suami dan anak-anak. (majalah-ummi)
BACA JUGA:

Haruskah Memaksakan Anak Usia Dini Untuk Membaca dan Menulis?

telegram