Inilah Tempat Malin Kundang Dikutuk Jadi Batu oleh Sang Ibu

Para pecinta jalan-jalan mungkin pernah mendengar atau menginjakkan kaki di pantai unik yang satu ini, Pantai Air Manis. Pantai Air Manis terletak sekitar 15 km dari pusat kota Padang, Sumatera Barat.
Selain panorama yang indah, pantai ini memiliki daya tarik lain yang kerap membuat para turis penasaran. Di Pantai Air Manis terdapat batu-batu yang menyerupai Malin Kundang dan beberapa perlengkapan kapalnya.
Karena itulah, masyarakat Sumatera Barat dan para pelancong yang datang sering mengaitkan pantai ini dengan legenda Malin Kundang.
Malin Kundang adalah karakter dalam dongeng yang berubah menjadi batu bersama-sama dengan kapalnya, setelah durhaka kepada sang ibu.
Berdasarkan cerita, Malin Kundang dikutuk menjadi batu oleh sang ibu karena menolak mengakui ibunya yang miskin setelah berlayar ke daerah lain dan sukses menjadi saudagar kaya.
Hingga kini, batu Malin Kundang dapat dijumpai di Pantai Air Manis. Menariknya, masyarakat setempat mengatakan batu yang persis Malin Kundang itu terbentuk secara natural, bukan hasil rekayasa manusia.
Keunikan dan misteri batu inilah yang kemudian membuat Pantai Air Manis populer, baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.
Selain batu Malin Kundang, pantai ini banyak difavoritkan karena memiliki gelombang yang rendah dan dilatari pemandangan indah Gunung Padang.
(Sumber: Situs Kementeritan Pariwisata RI, indonesia.travel/dream)
BACA JUGA:

Salju Turun di Tanah Arab Bukti Kebenaran Hadist, Dunia Sebentar Lagi Kiamat?

telegram