Kenapa Harus Gendong Bayi Saat Magrib Tiba? Inilah Penjelasannya

Sahabat Beradab, Magrib adalah waktu pergantian antara siang serta malam. Di waktu ini biasanya digunakan oleh kaum  muslim untuk melaksanakan kewajiban shalat wajib tiga rakaat. Tidak hanya perintah shalat nyatanya kami juga diperintahkan untuk melarang anak keluar rumah di waktu magrib.
Oleh alasannya itu, tidak sedikit orangtua yang menyuruh anak mereka untuk menghentikan segala aktivitas di luar rumah. Tidak hanya itu, tidak sedikit orangtua zaman dahulu juga berpesan untuk segera menggendong atau terbukti bayi hingga magrib berlalu.

Nyatanya hal tersebut bukan hanya sekedar wejangan orangtua yang berbau mitos atau tahayul saja. Tetapi juga ialah salah satu perintah dari Rasulullah SAW. Lalu apa alasan Rasulullah memerintahkan hal tersebut? Berikut informasi selengkapnya.
Waktu magrib ialah waktunya jin serta setan berkeliaran. Itulah sebabnya sebagai orangtua wajib menjaga anaknya dari gangguan makhluk tersebut. Dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya:
“Bila malam datang, tahanlah anak-anak kamu alasannya sesungguhnya setan menyebar kala itu! Serta jika sesaat waktu malam telah berlalu, lepaskanlah mereka. Tutuplah pintu serta bacakanlah nama Allah! Sebab sesungguhnya setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup. Tutuplah bejana-bejana kamu serta bacakanlah nama Allah meski engkau bakal menghidangkannya. Serta padamkanlah lampu kalian.” (Hadist Riwayat Al Bukhari serta Muslim).
Mungkin di antara kami tidak sedikit menemui bayi yang menangis terus semenjak magrib hingga malam hari tanpa alasannya yang terang seperti mengompol haus atau sakit. Bisa saja itu terjadi alasannya bayi tersebut sedang diganggu oleh setan.
Sebab dikatakan pada dikala waktu magrib tiba setan-setan itu menyebar mencari daerah untuk berlindung. Sebab itu ketika magrib telah tiba serta pintu rumah tidak ditutup dengan menyebut nama Allah, sehingga berkemungkinan besar rumah tersebut bakal dimasuki oleh setan. Itulah sebabnya sebagai orangtua wajib membentengi anak-anaknya dari gangguan jin serta setan tersebut.
Cara yang paling mudah untuk diperbuat ialah dengan membacakan 10 ayat di surat Al-Baqarah, empat ayat awal surat Al-Baqarah, ayat kursi serta dua ayat seusainya serta dua ayat terakhir surat Al-Baqarah.
Dari Ibnu Mas’ud r.a sesungguhnya Nabi saw bersabda, “Barangsiapa menyimak sepuluh ayat; empat ayat diawal Al Baqarah, ayat kursi serta dua ayat seusainyadan penghujung surat Al Baqarah, sehingga setan tidak bakal masuk rumah tersebut hingga Subuh.” Hadist yang diriwayatkan dari Thabrani dalam AlKabir.
Tetapi pada kenyataannya tidak sedikit orangtua di zaman saat ini mengabaikan hadist tersebut. Mereka masih saja membiarkan anak-anaknya bermain hingga azan berkumandang atau berada di luar rumah dikala magrib. Padahal pada kenyataannya anak-anak belum bisa membentengi diri dari gangguan jin atau setan yang sedang berkeliaran di waktu magrib.
Demikianlah ulasan perintah Rasulullah kepada orangtua untuk menjaga anak mereka di waktu magrib tiba. Maka dari itu, mulai saat ini amalkanlah hadist Rasulullah SAW tersebut agar rumah serta keluarga kami terhindar dari gangguan jin. (sumber: infoyunik)
telegram