Tak Disadari, 5 Hewan Ini Ternyata Hidup di Wajah Manusia

Tungau adalah salah satu fauna avertebrata yang mempunyai tak sedikit tipe dan sanggup nasib dan beradaptasi di beberapa kondisi. Ukurannya yang sangat kecil membikin fauna ini tak lebih disadari keberadaanya oleh manusia. Tidak hanya itu, sebab ukurannya yang kecil, fauna ini tak lebih mendapat perhatian predator, jadi fauna mikroba ini bisa berkembangbiak dengan sangat cepat.

Peneliti mikroba, Rob Dunn, semacam yang ditulis National Geographic, Rabu (10/2/2016) mengungkapkan, “Beberapa tahun silam saya membikin dugaan soal tungau wajah, fauna yang nasib di folikel rambut. Demikian kecilnya jadi selusin fauna ini bisa menari di ujung jarum. Tetapi fauna ini lebih mungkin menari di wajah kita, yang biasa diperbuatnya di malam hari.”

Tungau paling tak jarang ditemukan di dalam rumah. Kehangatan dan kelembapan kasur dan bantal membikin tungau bisa cepat tumbuh dan berkembangbiak. Dari kasur dan bantal tungau bisa berpindah ke wajah seseorang. Tungau yang biasa nasib pada kulit wajah manusia ada kurang lebih 65 spesies yang dikenal dengan tungau demodex. Tungau tipe ini nasib di folikel rambut dan kelenjar minyak pada kulit.

Berikut beberapa lokasi di wajah dan tubuh manusia yang menjadi tempat subur bagi perkembangbiakan tungau: 

1. Kulit
Makanan favorit tungau salah satunya adalah serpihan kulit mati. Oleh sebabnya tungau debu bahagia tinggal di tempat tidur untuk memakan kulit mati.

2. Alis
Tanpa disadari, separuh dari manusia yang nasib di bumi mempunyai tungau di dahi mereka. Tungau adalah fauna yang gemar tinggal di pori-pori orang dewasa, mengingat pori-pori orang dewasa lebih tak sedikit mengandung minyak.

3. Bulu Mata
Bulu mata adalah tahap tubuh manusia yang cenderung lembap. Tungau bisa berkembangbiak di tempat lembap dan hangat. Bulu mata yang tak lebih diperhatikan kesehatannya, bisa menjadi sarang tungau.

4. Wajah Dekat Hidung
Pori-pori berminyak menjadi tempat yang digemari tungau. Rasa gatal yang datang tiba-tiba kemungkinan besar dikarenakan oleh aktivitas tungau. Apabila tak diperhatikan, tungau bakal terus lebih tak sedikit dan menyebabkan kulit wajah mengalami iritasi.

5. Kulit Kepala
Pernahkan Kamu merasa gatal pada kulit kepala yang datang dengan cara tiba-tiba, padahal Kamu sudah memastikan tak ada kotoran dan kutu di kepala Anda. Coba Kamu lihat kulit kepala memakai mikroskop, Kamu pasti bakal takjub dengan apa yang Kamu temukan.(liputan6.com)

telegram