Ngeriii!! Inilah Efek Buruk Minum Es di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Beberapa waktu lalu, departemen kesehatan telah merilis statistik dari sepuluh penyebab kematian nasional tahun lalu, tumor ganas (kanker) kembali mempertahankan gelar untuk ke-20 kalinya, dalam setiap empat kematian, satu di antaranya “tewas karena kanker”, ini menunjukkan bahwa dalam dua dekade terakhir, kanker dan masyarakat luas benar-benar bagaikan berjalan beriringan.

Di antara kesepuluh penyebab kematian akibat kanker, lagi-lagi kanker paru-paru menduduki peringkat pertama, diikuti kanker hati, kanker kolorektal, kanker payudara, kanker perut, kanker serviks, kanker rongga mulut, kanker prostat, limfoma dan kanker kerongkongan. Selain kanker paru-paru, kanker hati yang ditakuti, yang harus diperhatikan adalah kanker kolorektal, kanker perut, kanker kerongkongan juga menduduki peringkat yang tinggi, dan cenderung naik.
Adapun faktor pemicu terkait, selain dari aspek makanan, hal itu erat hubungannya dengan kebiasaan makan masyarakat. Yang paling jelas dari kebiasaan itu, seperti misalnya makan berlebihan, makan di larut malam (seusai waktu makan malam normal), makan tidak teratur, sebentar panas sebentar dingin, makan terburu-buru, tidak sarapan, atau pagi-pagi langsung minum es kopi, minuman dingin dan sebagainya, jika dikaji secara seksama, semua ini dapat dikatakan sebagai biang keladi karsinogenik (penyebab kanker) yang standar.
BACA JUGA : 

SEBARKAN!! Usus Bocah Ini Dipotong 2 Kali Gara-gara Sering Mengkonsumsi Makan Ini..

Berikut adalah pengetahuan seputar kesehatan yang berhubungan dengan makanan atau minuman dingin menurut pengobatan kuno Tiongkok dari media online Taiwan.
Tidak sarapan di pagi hari dipastikan akan mempengaruhi sumber energi sepanjang hari, dan yang menjadi korban langsung tentu saja fungsi lambung. Namun, tidak separah dibandingkan dengan menenggak minuman dingin di pagi hari, di segenap lambung, terutama setelah dalam masa kosong sepanjang malam di dinding lambung, dimana ketika dinding lambung membutuhkan kehangatan, malah justru diberi minuman yang dingin, sehingga menyebabkan mukosa lambung, kekakuan jaringan dinding lambung.
Meskipun bagi mereka yang tidak paham dengan dasar pengetahuan medis, namun, dengan adanya keterangan demikian, seharusnya sedikit banyak bisa memahaminya, sebab siapapun itu, jika pagi-pagi langsung mendorongnya ke dalam gudang pembekuan, dan seandainya berakibat serius, kemungkinan akan masuk angin dan terserang flu karena kedinginan.
Sebagaimana kita ketahui, minum minuman yang terlalu panas akan mencederai kerongkongan, sebaliknya jika terlalu dingin juga berbahaya bagi kerongkongan, logika ini sangat sederhana dan jelas.
Adapun mengenai angka statistik terkait, tidak mengherankan jika kaum pria yang terserang kanker perut pada tahun lalu itu lebih dari dua kali lipat dari kaum wanita. Karena dari setiap jamuan makan, di kedai (makan) pasar malam, menenggak minuman keras secara berlebihan, makan/minum secara berlebihan (makan di larut malam) itu sebagian besar adalah kaum pria. Dan untuk semua acara itu, kaum pria membayar (mengorbankan) satu kali lipat lebih besar dari kaum wanita. Lain halnya dengan kaum wanita yang terserang kanker perut, dimana bagi mereka yang suka minum kopi sehari-hari di pagi hari dengan campuran es itu sebaiknya menjadi perhatian serius.
Bagaimanapun, sebaiknya jangan lagi minum es kopi di pagi hari, minumlah yang panas
Baru-baru ini diet makrobiotik (diet rendah lemak dan tinggi serat) mulai populer di kalanan masyarakat, banyak yang minum jus sayuran di pagi hari, meskipun buah-buahan dan sayuran dapat memberikan nutrisi langsung dan membersihkan tubuh dari limbah, tapi telah mengabaikan satu poin yang paling penting, yaitu tubuh manusia itu selamanya lebih menyukai lingkungan yang hangat, tubuh yang hangat, dengan begitu mikrosirkulasi baru akan berjalan normal, dan pengiriman oksigen, nutrisi serta limbah dan sebagainya baru akan berlangsung lancar.
Jadi saat sarapan, sebaiknya jangan dulu minum jus buah atau sayuran, es kopi, jus dingin, es teh, kacang hijau, susu dingin dan sebagainya, mungkin sesaat itu anda tidak akan merasakan ketidaknyamanan di seputar tubuh anda, padahal itu akan membuat tubuh anda secara perlahan-lahan menjadi lemah, mengapa ?
Sarapan pagi sebaiknya mengkonsumsi “makanan panas” baru bisa melindungi “wei qi” (energi vital-fungsi lambung). Yang dimaksud “wei qi” atau energi vital dalam teori pengobatan Tiongkok itu sebenarnya mempunyai arti luas, tidak hanya mengacu pada organ “lambung”, di dalamnya mengandung fungsi penyerapan dan pencernaan lambung, kekebalan yang diperoleh setelah lahir, fungsi otot dan sebagainya.
Karena di waktu pagi, energi Yin di malam hari belum disingkirkan, suhu bumi belum naik. Otot-otot dalam tubuh, saraf dan pembuluh darah semuanya ini dalam keadaan menyusut, jika di saat demikian mengonsumsi minuman dingin, pasti akan membuat setiap sistem dalam tubuh semakin menyusut, aliran darah semakin tidak lancar.
Mungkin untuk sesaat anda tidak akan merasakan ketidaknyamanan pada usus dan lambung ketika mengonsumsi makanan/minuman dingin, namun, seiring berjalannya waktu atau bertambahnya usia, anda akan rasakan mengapa tidak bisa menyerap intisari makanan, tinja selau encer, kulit semakin buruk, atau tenggorokan sepertinya berdahak dan terasa tidak nyaman, sering terserang flu, sebentar-bentar sakit, inilah yang mencederai “wei qi” (energi vital), mencederai daya tahan tubuh.
Sumber : http://www.sebarkanlah.com/efek-buruk-minum-es-di-pagi-hari-bagi-kesehatan/
BACA JUGA : 

Inilah Bahayanya Makan Mie Campur Nasi, WAJIB BACA!

telegram