Jum’at 27 Mei 2016 Matahari Tepat Diatas Ka’bah, Saatnya Mengecek Arah Kiblat

Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Ghazalie mengungkapkan bahwa pada hari Jum’at, 27 Mei 2016 pukul 16:18, posisi matahari tepat berada diatas Ka’bah, kejadian ini biasa dikenal dengan nama Rashdul Qiblat.

Insya Allah Roshdul Qiblat terjadi pada hari Jum’at, 27 Mei 2016 jam 16:18 WIB,” Ujar Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH.Ghazalie sebagaimana dilansirrepublika, kamis (26/5/2016).
Ghazalie menjelaskan bahwa pada waktu tersebut matahari akan tepat berada di atas Ka’bah, sehingga semua benda yang berdiri tegak akan menunjukkan arah Kiblat. Semisal tongkat, lanjut Ghazalie, nanti ujung bayangannya sampai ke benda tersebut akan menunjukkan arah Kiblat sejati.
BACA JUGA : 

Menyempurnakan Ramadhan dengan Puasa Syawal

Momentum yang hanya terjadi setahun sekali ini harus dimanfaatkan umat Islam di Indonesia untuk mengukur arah Kiblat masjid, mushola dan tempat ibadah lain. Apabila arah Kiblat yang ada selama ini tidak sama dengan Roshdul Qiblat, ia meminta garis shaf disesuaikan dengan arah Kiblat yang baru.
Terkait arah Kiblat yang mungkin berubah, ia menyarankan umat Islam di Indonesia agar tidak perlu mengubah atau membongkar bangunan yang dijadikan tempat ibadah. Umat cukup mengubah atau memiringkan garis shaf yang ada, seperti yang sudah sering dilakukan di Indonesia.[islamedia/mh]
Sumber : http://islamedia.id/jumat-27-mei-2016-matahari-tepat-diatas-kabah-saatnya-mengecek-arah-kiblat/
BACA JUGA : 

Catatan Ramadhan: Kemuliaan dari Sandal Jepit Dekil

telegram