Kenalan Dengan Pasukan Denjaka, Kekuatan 1 Orang = 120 TNI Biasa!

Detasemen Jala Mengkara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Denjaka TNI AL) bukan pasukan sembarangan. Mereka prajurit khusus yang terdiri dari gabungan anggota pasukan elit TNI AL lainnya yakni Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Batalyon Intai Amfibi (Taifib). 

Denjaka terbentuk atas instruksi Panglima TNI masa lalu pada Komandan Korps Marinir dengan nomor Isn.01/P/IV/1984 tanggal 13 November 1984. Yang mencengangkan dan selalu digadang-gadang, kekuatan 1 personil Denjaka setara dengan 120 orang prajurit TNI biasa, lho! Luar biasa! 

Tugas utamanya yakni sebagai satuan antiteror terutama di laut. Gak salah jika Panglima TNI menyiapkan pasukan Denjaka untuk membebaskan warga negara Indonesia (WNI) yang disekap oleh kelompok Abu Sayyaf di Filipina. Namun tidak disebutkan bakal ngapain aja Denjaka di sana. Ini karena aktivitas Denjaka benar-benar dirahasiakan. Kegiatan-kegiatannya jarang dipublikasikan. Jadi siap-siap menganga, ya, lantaran kekuatan mereka bakal mengejutkan musuh saat terjadi perang.
BACA JUGA : 

"Gelar Latihan Bareng TNI di Banyuwangi, Marinir Amerika MINTA PULANG"

Meski di bawah TNI AL, namun Denjaka mampu bergerak di darat, laut, dan udara. Mereka sering dilibatkan untuk mengamankan kegiatan presiden. Saban tahun ratusan orang mendaftar jadi anggota pasukan Denjaka, namun hanya 50 orang yang lolos. Satu demi satu tumbang setelah melakukan proses seleksi dan latihan sangat mengerikan. Bikin militer asing merinding bulu kuduknya.
Salah satu latihan Denjaka yang banyak disorot yakni melepas mereka di laut dengan tangan dan kaki terikat. Mereka harus bisa lolos dari ikatan itu. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika kondisi tersebut ditemui saat perang dan musuh menghukum mereka dengan cara demikian. Tak cuma itu saja. Anggota Denjaka juga pernah dilepas di hutan berminggu-minggu dengan hanya berbekal garam. Bagaimana caranya mereka harus bertahan hidup dengan bekal tersebut! Ya ampun kru Bintang.com ngeri sendiri bacanya!
Saat di udara juga demikian. Mereka harus bisa terjun dari pesawat dengan ketinggian yang gak bisa dideteksi musuh. Gak kebayang tingginya kayak apa. Asli merinding disko pastinya. Nah, itu tadi sekelebat soal Denjaka TNI AL yang bikin kamu cuma bengong. Doakan mereka supaya selalu sehat, yuk, dan bisa menjaga NKRI dengan baik, amin.
Sumber : http://www.bintang.com/lifestyle/read/2472506/kenalan-dengan-pasukan-denjaka-kekuatan-1-orang-120-tni-biasa
BACA JUGA : 

Jangan Lupakan Sejarah, Inilah Fakta Kebiadaban PKI yang Telah Membunuh Ribuan Muslim Indonesia

telegram