BPN Gratiskan Pengurusan Sertifikat Tanah Tempat Ibadah Selama Ramadhan

adan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah Jawa Barat menggratiskan pengurusan sertifikat untuk tanah wakaf, khususnya masjid dan mushala selama bulan Ramdhan.

"Dua minggu lalu Kanwil Jabar (BPN) Jabar bilang ke saya, 'Pak kami akan memulai (mengurus sertifikat tanah wakaf gratis)," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan di Bandung, Kamis (2/6/2016).

Ferry mengatakan, program itu telah digagas beberapa bulan lalu. Bahkan, pihaknya telah bekerja sama dengan organisasi masyarakat berbasis agama untuk menyelesaikan proses sertifikasi tanah wakaf.

"Dan, juga kita memang sudah mulai mengurus tanah wakaf di mulai dengan ormas NU di beberapa daerah seperti di Jawa Timur. Sebanyak 1.290 sertifikat tanah wakaf kita selesaikan," ujarnya.
BACA JUGA : 

Hasniah, Guru yang Mengajar dari Kelas 1 Hingga 6 Seorang Diri

Tak hanya untuk mesjid dan mushala, sertifikat gratis pun berlaku untuk bangunan gereja.      

"Sebenarnya pemberian kemudahan mengurus sertifikat tanah ibadah itu sudah sejak lama. Seperti NU itu sudah dilakukan sejak tahun lalu," kata dia.
Ferry menjelaskan, langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya konflik perebutan lahan di tempat ibadah.   

"Jika misalnya hak atas tanah untuk rumah ibadah terancam, maka negeri ini mau seperti apa. Bayangkan orang punya masjid atau gereja tiba-tiba digusur karena tidak punya surat-surat. Mau jadi apa negeri ini," ungkap Ferry.

Sumber :  http://ramadhan.kompas.com/article/read/2016/06/02/20043751/bpn.gratiskan.pengurusan.sertifikat.tanah.tempat.ibadah.selama.ramadhan
BACA JUGA : 

Inilah 10 Tips Sehat Selama Ramadhan yang Wajib Kamu Tahu! Nomor 5 Paling Banyak dilanggar

telegram