Inilah 5 Orang Asal Indonesia Ini Memilih Jadi Warga Negara Lain. Kamu Mau Tahu Apa Alasan Mereka

Media berita tanah air kini sedang hangat memperbincangkan kasus eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar yang terbukti memiliki paspor ganda yakni Amerika Serikat (AS) dan Indonesia. Arcandra Tahar yang dinyatakan telah melakukan aksi pindah status kewarganegaraan ini membuat jabatannya harus di copot oleh Presiden Joko Widodo.
Dan ternyata , status pindah kewarganegaraan ini tak hanya dilakukan oleh Arcandra saja , tetapi ada beberapa WNI lainnya yang mengaku telah memilih menjadi warga negara lain dengan sejumlah alasan.
Kebanyakan warga negara Indonesia yang memilih pindah status warga kenegaraan ini berasal dari kalangan selebriti . Mereka memilih menjadi negara asing demi mengejar karier.
Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 orang Indonesia yang memilih menjadi warga negara asing.
1. Anggun Cipta Sasmi ingin go internasional
Salah satu selebriti yang memilih untuk menjadi warga negara asing yakni Anggun Cipta Sasmi yang mengubah status warga negara Prancis.
Anggun Cipta Sasmi, seorang penyanyi dan pencipta lagu yang mencopot kewarganegaraan Indonesia setelah menikah dan mengikuti jejak suaminya, Cyril Montana.
Walaupun karirnya di Indonesia terbilang mumpuni sebagai penyanyi rock, tetapi pada tahun 1994, Anggun memilih untuk meninggalkan Indonesia dan mewujudkan impiannya menjadi penyanyi internasional. Anggun mengaku punya alasan khusus mengapa dirinya memilih menjadi warga negara Prancis ketimbang Indonesia. Dan pencopotan status kenegaraannya itu sampai membuat dirinya berlinang air mata.
“Prancis ini identitas yang baru, sudah 14 tahun punya paspor Prancis. Hanya untuk berikan identitas pergi ke manapun, waktu dulu pakai paspor Indonesia agak sulit pergi ke mana-mana. Saya sempat tanya ke Anggun soal pindah warga negara. Sambil meneteskan air mata, dia bilang terpaksa mengganti kewarganegaraan Perancis,” ungkap Anggun di Jakarta.
Namun pada akhirnya ,air mata dan pengorbanan Anggun tak sia-sia. Terbukti, ia berhasil dikenal oleh dunia. Bahkan single Snow On The Sahara mengantarkannya melaju di tangga musik Billboard.
2. Mia Audina Si Anak Ajaib
Mia Audina Tjiptawan adalah salah satu mantan pemain bulu tangkis Indonesia. Mia memutuskan berpindah haluan menjadi Warga Negara Belanda setelah menikah dengan Tylio Arlo Lobman.
Sebelumnya , nama Mia sempat harum di Tanah Air setelah memperkuat Tim Piala Uber Indonesia Mia pernah berhasil memberikan piala bagi Indonesia saat menjuarai Piala Uber 1994 dan 1996.
Namun ternyata , ketorehan Mia lebih berkilap ketika dirinya berhasil merebut medali perak Olimpiade Athena 2004 bagi kontingen Belanda. Dalam suatu kesempatan, Mia mengatakan kesuksesan yang diraihnya adalah buah dari kerja kerasnya selama ini.
“Prestasi tak ada datang dengan sendirinya, melainkan buah dari kerja keras yang Anda lakukan sebelumnya,” ungkap Mia
Dan lagi – lagi , Mia mampu mencatat prestasi memukau bersama Negeri Kincir Angin, di antaranya ketika melakoni Swiss Open 2002, Jepang Open (2004), Jerman Open (2005),dan Belanda Open (2005).
3. Daniel Sahuleka penyanyi jazz berdarah Ambon
Seorang penyanyi beraliran jazz bernama Daniel Sahuleka yang memiliki darah keturunan Ambon. campuran Maluku, Sunda, serta Cina ini lahir di Semarang, 6 Desember 1950. Namun kini , Daniel memilih berpindah status kewarganegaraan menjadi warga negara Belanda.
Daniel memilih pindah negara setelah dirinya memulai debut di dunia tarik suara di Eropa pada 1977 dengan single pertama, You Make My World So Colorful. Daniel bernaung di bawah Polydor (Belanda). Dirinya terus eksis dan terlibat dalam sejumlah festival jazz dunia.
4. Tielman Brother, band rock and roll legendaris
The Tielman Brothers adalah band rock and roll legendaris ini awalnya memulai karier setelah perang kemerdekaan Indonesia sebagai Timor Rhythm Brothers. Namun seiring berjalannya waktu, The Tielman Brothers ini berhasil meraih ketenaran di Belanda. Mereka memasuki blantika musik internasional pada 1950-an. Grup ini diawaki Reggy Tielman, Ponthon Tielman, Andy Tielman, Loulou Tielman, dan adik mereka, Jane Tielman.
5. Kristania Virginia, Miss Indonesia 2006 asal Manado
Kristania Virginia Besouw merupakan Miss Indonesia 2006 asal Manado ini telah pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Amerika Serikat setelah dirinya bergabung dengan US Army.
Kristania Virginia Besouw memilih terjun ke dalam dunia kemiliteran . Kristina lolos menjadi anggota tentara Amerika. Kristy sendiri mengaku bangga menjadi bagian dari Amerika Serikat. Namun, kebanggaannya tersebut tidak melupakan dari mana dia berasal.
“I’m a proud American now, but deep inside I am still 100% Manadonese. Never forget where you came from. Saya bangga dengan Amerika sekarang, tapi jauh didalam lubuk hati saya masih 100% orang Manado (Indonesia). Tak akan pernah melupakan dari mana berasal,” tulis Kristy di akun Facebooknya, seperti dikutip merdeka.com Senin (16/3).
Dia mulai bekerja sebagai tentara Amerika Serikat sejak 28 Oktober 2014. Hal itu dia tuliskan dalam statusnya di media sosial Facebook.
“Bekerja di U.S Army 28 Oktober 2014 hingga sekarang.
Nah, itulah dia kelima orang yang memilih jadi warga negara lain.
Sumber : http://palingseru.com/
telegram