Ini Dia 6 Negara yang Pernah Merasakan Serangan Militer Indonesia. Kamu Mau Tahu...

Beradab.com - Penjajahan yang dilakukan oleh beberapa negeri maju terhadap Indonesia kini telah menjadi sejarah. Tapi siapa sangka, negara yang pernah dijajah ini ternyata juga pernah menjajah negara lain. Penasaran? Berikut 7 negara yang pernah dijajah Indonesia, dikutip detik.com.
1.Timor Leste
Negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia ini pernah dijajah Indonesia pada 7 Desember 1975. Kala itu, Indonesia menyerbu Timor Timur karena adanya desakan Amerika Serikat dan Australia yang menginginkan Fretilin yang berpaham komunisme tidak berkuasa di Timor Timur.
2.Papua Barat
Pada 19 Desember 1961, Presiden Pertama Indonesia Ir. Soekarno mengumumkan pelaksaan Trikora di Alun-alun Utara Yogyakarta. Saat itu, Soekarno juga membentuk komando Mandala. Tugas komando ini sendiri ialah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia.
3.Malaysia
Hal ini mungkin sedikit mengejutkan kamu. Ya, negeri tetangga kita ini juga pernah dijajah oleh negeri tercinta kita. Perseteruan antara Malaysia dan Indonesia dimulai sejak 20 Januari 1963, yang diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Soebandrio.
Sejak diumumkan, pasukan militer Indonesia langsung memasuki Sarawak dan Sabah untuk menyebar propaganda serta melaksanakan penyerangan dan sabotase. Hingga pada akhirnya, Presiden Soekarno mengumumkan perintah Dwi Komando Rakyat (Dwikora) yang isinya, Pertinggi ketahanan revolusi Indonesia, Bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Sarawak dan Sabah, untuk menghancurkan Malaysia.
4.Malaka
Malaka termasuk salah satu negara yang pernah dijajah Indonesia. Invasi yang dilakukan Indonesia ini dipimpin oleh raja Demak, Pati Unus pada tahun 1509. Namun penyerangan yang dilakukan Kerajaan Demak bukanlah sebuah serangan anti-kekuasaan asing, melainkan sebuah invasi imperialis.
5.Singapura
Indonesia juga pernah menjajah ke negara Singapura. Saat itu Indonesia mengirim dua tugas sukarelawan yang masing-masing bernama Usman dan Harun. Usman merupakan pria kelahiran Purbalingga, Banyumas, Jawa Tengah tahun 1943. Sedangkan Harun kelahiran P Bawean, Surabaya tahun 1947.
Keduanya dimintai untuk menyusup ke Singapura dengan berbekal bahan peledan seberat 12,5 kg. Dan ternyata, kedua warga Indonesia itu berhasil melemparkan bahan peledan itu ke tempat sasaran pada 8 Maret 1965 malam. Dari kejadian itu, setidaknya menewaskan tiga orang dan sejumlah lainnya mengalami luka-luka.
6.Indochina (Kamboja, Vietnam dan Thailand)
Berdasarkan catatan sejarah dan bukti arkeologi, pada abad ke-9 Sriwijaya pernah melakukan invasi dan kolonisasi di hampir seluruh kerajaan-kerjaan Asia Tenggara. Diantaranya Sumatera, Jawa, Semenanjung Malaya, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Filipina.
Sumber : http://palingseru.com/103951/ini-dia-7-negara-yang-pernah-merasakan-serangan-militer-indonesia-kamu-mau-tahu/4
telegram