Jangan Minum Obat Berbarengan Dengan Susu, Ini Larangan Akan Penjelasanya ....

Meminum obat saat sakit adalah keharusan agar tubuh kembali ke kondisi normal yaitu sehat. Meskipun tidak semua penyakit bisa diobati, sudah menjadi sugesti sebagian besar orang jika obat merupakan perantara penyembuhan yang paling ampuh. Ada mitos kesehatan yang beredar luas di masyarakat yaitu bahaya minum obat setelah menikmati segelas susu. Bukankah susu itu baik untuk kesehatan? Mengapa dilarang?

Mungkin anda pernah dinasehati atau mungkin menasehati orang lain agar tidak meminum obat dengan susu. Entah siapa orang pertama yang memberikan nasehat untuk tidak minum obat setelah meminum susu. Itulah kenapa hal ini masih menjadi mitos kesehatan yang membutuhkan penjelasan ilmiah.

Seperti yang sudah anda tahu, susu memiliki kandungan zat-zat yang berguna bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, protein, lemak dan fosfor. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Kalsium merupakan salah satu zat yang terkandung dalam semua jenis susu baik yang alami maupun produk olahan susu dalam kemasan. Zat inilah yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi anak namun zat ini juga yang dapat menghambat penyerapan obat yang anda minum.

Mengapa Minum Obat Dengan Susu Dilarang?

Saat anda meminum obat, tubuh membutuhkan waktu yang cukup untuk melarutkan kemudian menyebarkan melalui aliran darah agar efek nya bisa menyembuhkan bagian yang sakit. Jika obat yang anda minum bertemu kalsium dari susu makan proses penyerapan obat akan terganggu sehingga kehilangan efektifitasnya.

Jadi, saat anda minum obat dengan susu maka efek obat tersebut akan hilang karena sudah dinetralisir oleh susu.

Untuk menghilangkan efek negatif susu yang menghambat penyerapan obat, berikan jangka waktu minimal 2 jam sebelum anda minum obat. Hal ini berlaku juga jika anda ingin menikmati susu setelah mengkonsumsi obat.

Kesimpulan yang bisa ditarik adalah larangan meminum obat dengan susu merupakan FAKTA bukan mitos.

Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Mengkonsumsi Obat

Selain susu ternyata ada beberapa makanan dan minuman lain yang harus dihindari sebelum anda meminum obat. Tujuannya tentu saja agar obat tersebut dapat diserap secara maksimal oleh sel-sel tubuh sehingga sakit yang anda derita cepat sembuh.

1. Makanan yang mengandung kalsium (susu). Makanan ini dapat mengurangi penyerapan tetrasilin (tetrasilin untuk pengobatan infeksi pada saluran pernafasan, sinus, telinga bagian tengah, saluran kemih, usus dua belas jari dan gonore).

2. Makanan yang mengandung vitamin K harus dibatasi konsumsinya. Apabila sedang mendapatkan terapi anti koagulen (misalnya walfarin) untuk mengecerkan darah. Makanan ini mengurangi efektifitas pengobatan dan meningkatkan resiko trobosis (pembekuan darah).

3. Makanan yang kaya akan tyramin (keju, daging olahan, alpukat, pisang, red wine) ataupun produk-produk yang mengandung kafein apabila dicampur dengan MAO inhibitor (obat untuk penderita depresi phobia) akan menyebabkan sakit kepala yang parah dan kenaikan tekanan darah yang kemungkinan berakibat fatal (hipertensive crisis).

4. Makanan yang mengandung kafein dapat meningkatkan overdosis antibiotik tertentu(enoxacin, ciprofloksain, norfloksasin), untuk menghindari malpitasi, tremor, berkeritngat atau halusinasi adalah menghindari minuman seperti kopi, teh, atau soda pada saat pengobatan.

5. Jus Jeruk. Minuman ini dapat menghambat enzim yang terlibat dalam metabolisme obat, sehingga mengintensifkan pengaruh obat-obatan tertentu. Jeruk yang dimakan secara bersamaan dengan obat anti inflasi atau aspirin juga dapat memicu rasa panas dan asam di perut.

6. Havermut-oatmeal sebaiknya dihindari bagi para penderita penyakit jantung yang sedang minum obat digoxin. Serat tinggi yang terkandung dalam havermut diketahui dapat menghambat proses absorsbsi obat.

Tips Minum Obat Agar Dapat Diserap Secara Maksimal

Air putih merupakan media pelarut obat-obatan yang paling ampuh dan aman. Manfaat air putih sendiri adalah menyediakan cairan tubuh sehingga organ-organ di dalamnya dapat bekerja dengan maksimal. Karena sifatnya yang masih alami dan tidak mengandung unsur kimia, air putih adalah media paling baik untuk minum obat.

Jangan Lupa Bagikan Info ini agar teman teman anda juga mengetahuinya,.


Sumber : http://7trending.blogspot.com/2015/06/jangan-minum-obat-berbarengan-dengan.html
telegram