Asal Usul Hari Minggu Menjadi Hari Libur... Mau Tau?? Berikut Ulasannya ...

Tiap-tiap negara memiliki hari libur sendiri. Di balik penentuan hari libur itu kenyataannya ada sejarah yang menarik. 
Umpamanya di negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, hari Jumat di ambil sebagai hari libur. 

Ditulis Eberita, argumennya, hari Jumat disangka sebagai hari baik untuk umat muslim untuk melakukan beribadah. 

Dengan liburnya aktivitas di hari Jumat, beberapa orang Arab Saudi yang beberapa besar muslim memiliki banyak saat untuk lakukan salat Jumat dan beribadah yang lain lewat cara keseluruhan. 

Tidak sama lagi dengan bangsa Yahudi di Israel. Mereka memutuskan hari Sabtu sebagai hari libur lantaran hari Sabtu yaitu hari melaksanakan ibadah buat mereka. 

Lalu, mengapa di Indonesia hari Minggu yang jadikan hari libur? Hari Minggu sebagai hari libur sebenarnya bukan sekedar berlaku di Indonesia, tetapi juga sebagian besar negara di dunia. Sejarahnya berawal ketika Romawi. Dulu, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia kuasai banyak negara di Eropa. Tempat kekuasaan mereka sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan yang lain. Nah sejak mulai waktu itu, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan bila hari Minggu yaitu hari yang baik untuk melakukan beribadah. Sampai mereka meliburkan semuanya aktivitasnya pada hari Minggu. 

Bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan selalu menandai hari Minggu dan hari utama yang lain dengan menggunakan warna merah. 

Efek ini lantas menyebar juga ke beberapa lokasi kekuasaan bangsa Romawi tadi. Salah satunya, Belanda. 

Sumber : http://www.wahanaberita.com/2016/04/asal-usul-hari-minggu-menjadi-hari.html
telegram