Hati-hati, Bahaya Yang Mengintai di Balik Warna Warni Makanan

Untuk menarik perhatian konsumen akan makanan yang mereka jual, tak jarang para produsen menambahkan pewarna makanan agar makanan terlihat menarik.

Nah, penambahan pewarna makanan ini tak akan menjadi masalah untuk kesehatan jika tidak ada kandungan bahan kimia di dalamnya. Namun jika pewarna makanan tersebut berwujud seperti Tartrazine atau Rhodamine, maka ada bahaya kesehatan yang terkandung di dalamnya seperti penjelasan berikut ini.

Auramine

Auramine berfungsi untuk memberikan warna kuning pada makanan. Pewarna ini bisa mempengaruhi kesehatan ginjal dan liver.

Metanil

Metanil juga berfungsi agar makanan yang berwarna kuning lebih menarik. Namun, terlalu sering terpapar zat ini bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan ginjal, liver, dan organ reproduksi perempuan. Gejala umum jika kamu keracunan zat ini adalah pusing dan disertai dengan mual.

Lead chromate

Lead chromate membuat makanan jadi berwarna kuning cerah seperti warna kunyit. Namun zat ini sangat berbahaya untuk kesehatan karena dapat menyebabkan anemia, sakit perut, hipertensi, masalah neurologis, dan komplikasi janin.

Rhodamine

Rhodamine membuat makanan berwarna merah muda. Namun rhodamine bisa membahayakan kesehatan karena memecah sel darah, merusak ginjal dan liver, menghambat pertumbuhan, hingga menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Sudan dyes

Pewarna sudan akan membuat makanan berwarna merah. Zat ini tidak hanya sangat beracun dan menyebabkan sakit liver atau ginjal, namun juga bersifat karsinogenik.


[BACA JUGA]

Waspada, 10 Produk Rumah Tangga Ini Sanggup Sebarkan Racun!

Pewarna biru dan hijau

Terlalu banyak terpapar makanan dengan pewarna biru dan hijau dapat menyebabkan kanker serta mempengaruhi perkembangan sel saraf.

Pewarna makanan yang bersifat kimia memang bisa membahayakan kesehatan. Oleh karena itu buatlah sendiri makananmu sehingga kamu bisa meminimalkan gangguan kesehatan yang berpotensi bisa menjangkiti tubuhmu karena pewarna makanan.


Sumber: https://plus.google.com/+Najlanajwa/posts/4HPr88gbs3J
telegram