Ketika Anda Divonis Untuk Caesar Saat Melahirkan, Bujuk-lah Bayi Anda Untuk Lahir Normal Dengan Cara Ini

Sering kali kehamilan menyebabkan seorang wanita mengalami stres. Stres itu bisa terjadi karena ia merasa tidak memiliki ilmu yang cukup untuk menjadi ibu atau bisa jadi ia stres ketika akan menghadapi persalinan.

Apalagi jika dokter telah memperkirakan tanggal kelahiran bayi, dan Anda tidak kunjung menampakkan seperti tanda yang akan melahirkan. Hal ini dapat membuat ibu semakin tidak tenang. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya anda melakukan cara yang dapat merangsang persalinan anda agar cepat tiba.


Berikut adalah cara-cara sederhana yang dapat anda lakukan dikutip dari bidanku.com :

1. Lakukan kegiatan berjalan kaki dengan santai.

Cara yang paling mudah dan juga murah untuk dapat merangsang bayi supaya cepat lahir ialah dengan berjalan kaki dengan teratur ketika menjelang persalinan. Ketika berjalan atur posisi tubuh dengan benar, tubuh tetap tegak, dan tidak terlalu condong ke arah belakang. Jalan kaki merupakan cara yang paling umum serta alami untuk membantu mendorong persalinan.

2. Hubungan intim bersama suami.

Cairan yang dihasilkan seorang pria mengandung prostaglandins yang dapat membantu leher rahim menjadi lunak juga siap untuk segera membuka. Kandungan yang terkandung dalam sperma juga dapat membantu merangsang munculnya kontraksi pada rahim serta membuat leher rahim melemas.

3. Melakukan stimulasi pada puting payudara.

Melakukan kegiatan stimulasi pada putting payudara ini juga dikatakan dapat melepaskan oksitosin yang bisa merangsang rahim untuk berkontraksi. Kegiatan ini juga bisa anda lakukan sendiri atau meminta bantuan suami anda. Namun sebaiknya kegiatan ini tidak dilakukan dengan berlebihan sebab bisa mengakibatkan kontraksi yang sangat panjang, kuat serta mengganggu aliran darah pada janin. Lakukan kegiatan ini dengan fokus pada salah satu payudara terlebih dulu selama kurang lebih lima menit.

4. Lakukan Birthing Balls.

Birthing balls ini sangat berguna untuk menbantu bayi yang ada di dalam rahim bergerak. Anda dapat melakukannya dengan duduk pada bola yang sangat lentur serta lembut sambil anda menggerakan tubuh anda. Gerakan tubuh anda dapat mendorong bayi beralih pada posisi yang sangat baik.

5. Menghilangkan perasaan cemas di dalam diri anda.

Rasa cemas yang semakin besar ketika menjelang persalinan menjadi hal yang wajar. Untuk mengurangi kecemasan yang anda rasakan anda dapat membaginya dengan mendiskusikan kecemasan anda bersama suami anda, ataupun dokter. Rancanglah beberapa kegiatan yang dapat membuat anda menjadi semakin rileks.

6. Mengikuti senam hamil. Lakukan dengan rutin senam hamil dengan di bimbing oleh instruktur yang ahli.  

Manfaat dari senam hamil sendiri yaitu untuk membantu dalam melemaskan daerah pada jalan lahir bayi, membuat lancar penurunan pada bagian bawah bayi menuju jalan lahir, membantu kontraksi rahim agar lebih efektif serta membantu proses persalinan menjadi lebih lancar dan juga mudah.

7. Melakukan pijat refleksi. 

Pijat refleksi ini selain dapat menyeimbangkan sistem dalam tubuh anda, ini juga bisa merangsang untuk menuju proses persalinan. Ada baiknya tindakan seperti ini dilakukan atas pengawasan dokter pribadi anda yang mengetahui tentang teknik pijat refleksi.

Dengan demikian bagi anda yang ingin merangsang janin lahir secara alami sebaiknya dapat mengelola diri dalam mempersiapkan persalinan, baik secara fisik maupun mental. Sehingga proses persalinan dapat berjalan dengan lancar, apalagi bagi anda yang menginginkan persalinan secara normal.

Sumber :  TRIBUNJABAR.CO.ID
telegram