133 Manfaat Urang-Aring Bagi Kesehatan Seperti Alis, Rambut Juga Pengobatan

Manfaat Urang Aring – Mungkin saja di antara pembaca ada yang menduga kalau pohon urang-aring itu tinngi besar seperti pohon kayu putih. Keduanya memanglah umum jadikan minyak, tetapi type pohonnya tidak sama jauh. Bila kayu putih termasuk juga tanaman berkayu keras, urang-aring ini adalah rumput yang tumbuh liar di pinggir jalan, pinggir selokan atau lapangan berumput yang memperoleh banyak cahaya matahari segera. Tanaman ini bisa tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 1500 mtr. diatas permukaan laut.

Tanda-tanda tanaman urang-aring yaitu batangnya berupa bulat dengan warna hijau kecokelatan, ditumbuhi rambut agak kasar berwarna putih. Daun urang-aring berwarna hijau, memiliki bentuk bulat telur memanjang, ujung daun meruncing, pinggir daunnya bergerigi halus atau nyaris rata. Serta ke-2 permukaan daun memiliki rambut, dan merasa agak kasar. Bunga majemuk berupa bongkol kecil-kecil berwarna putih. Buahnya agak pipih memanjang, keras serta berbulu. Tanaman urang-aring dapat tumbuh sampai meraih tinggi 80 cm..

Tanaman urang-aring ini mempunyai nama latin Eclipta alba (L.) Hassk. serta datang dari keluarga Compositae (Asteraceac). Di Indonesia sendiri, tanaman ini mempunyai nama panggilan tidak sama di masing-masing daerah. Salah satunya Goman, urang aring (jawa), te-lenteyan (Madura), ; Daun sipat, keremak janten (Summatera), Daun tinnta (Banda). Di Cina, rumput ini dapat telah dipakai sebagai obat tradisional. Mereka menyebutnya Mo han lian. Di Indonesia herba urang-aring juga jadikan sebagai obat untuk menangani beragam penyakit seperti muntah darah, mimisan, kencing darah, berak darah, hepatitis, diare, pendarahan rahim, kurang gizi, keputihan, serta ubanan di umur muda.

Herbal urang-aring mempunyai rasa yang manis, sejuk serta asam. Karakter kimiawi tanaman ini berbentuk hentikan pendarahan (hemostatic), turunkan panas (antipyretic), serta anti toksin (antitoxic). Herba ini masuk kedalam meridian hati serta ginjal. Sisi tanaman yang kerap dipakai sebagai obat yaitu semua tanaman, baik dalam kondisi fresh ataupun kering. Umumnya di proses jadi minyak untuk perawatan rambut.

Senyawa kimia yang ada pada urang-aring diantaranya :


  • Ecliptine,

  • AlfaTerthienylmethanol,

  • 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(but-3-en-1-ynyl) thiophene,

  • 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(4-chloro-3-hydroxybut-1-ynyl) thiophene,

  • 5-(3-Buten-1-yl)-2,2′-thienyl-5′-methyl acetate,

  • wedelolactone.


Manfaat Urang Aring untuk Kecantikan


Manfaat urang-aring untuk dunia kecantikan begitu banyak, terlebih yang terkait dengan rambut, seperti perawatan rambut serta alis. Umumnya, untuk kecantikan yang dipakai yaitu urang-aring yang telah berbentuk minyak. Cara membuat minyak urang-aring bakal saya terangkan dibagian akhir artikel ini.


Manfaat Minyak Urang-Aring untuk Rambut

Anak-anak yang lahir di th. 80-an tentu tahu benar apa manfaat urang aring untuk rambut. Lantaran zaman dulu di kampung begitu susah memperoleh minyak rambut seperti saat ini yang telah beragam macamnya. Dahulu, hanya satu minyak rambut yang paling populer serta harga terjangkau ya minyak urang-aring ini. Bahkan juga hingga saat ini, saya masihlah ingat baunya.

1. Menghitamkan rambut

Walau tumbuhan ini berwarna hijau, tetapi nyatanya di dalamnya ada kandungan zat pewarna hitam. Begitu masuk bakal bila orangtua kita dahulu menggunakanya untuk memperoleh rambut hitam bercahaya. Langkahnya cukup dengan cara teratur memakai minyak urang-aring dengan cara teratur. Baca juga langkah menghitamkan rambut dengan bahan alami yang lain.

2. Penyubur rambut

Terkecuali menghitamkan nyatanya tanaman ini dapat bermanfaat dalam menyuburkan rambut. Ambillah satu genggam daun urang-aring serta lumatkan sampai halus. Berikan dua gelas air lalu saring arinya. Embunkan air saringan tersenut sepanjang semalaman. Pakai ramuan ini di kulit kepala Anda satu hari satu kali.

3. Menyuburkan alis

Terkecuali bisa menyuburkan rambut, minyak orang-aring dapat juga menyuburkan alis. Langkahnya cukup berikan minyak orang-aring dengan cara rata di bagian alis sampai tentang kuitnya.

4. Mendinginkan kepala

Masihlah ingat dengan satu diantara manfaat dari urang-aring ini? Ya, berbentuk turunkan panas. Jadi dapat pula dipakai untuk mendinginkan kepala yang panas.

5. Menyingkirkan ketombe

Ketombe juga adalah salah permasalahan kulit kepala yang bisa mengakibatkan kerusakan keindahan rambut. Dengan memakai minyak orang-arin dengan cara teratur, kulit kepala Anda bakal terlepas dari ketombe. Hingga saat Anda menggunakan pakaian hitam, siapa takut?

6. Menangani ubanan

Uban yaitu tandanya kalau umur telah makin masak. Tetapi apa yang terjadi bila uban nampak di saat umur relatif muda. Pasti ini bakal kurangi rasa yakin diri Anda. Untuk menghindar hal itu, rajinlah memakai minyak orang-aring dari saat ini. Baca juga langkah menyingkirkan uban dengan alami.

Sesungguhnya ada banyak lagi manfaat minyak urang-aring untuk rambut. Tetapi bila di jabarkan disini bakal sangat panjang. Dasarnya sih sama juga, yakni gunakan minyak uarng-aring lewat cara teratur membuat perlindungan kesehatan rambut Anda.


Manfaat Urang Aring untuk Pengobatan

Saya meyakini banyak yang belum tahu, kalau urang-aring dapat juga dipakai sebagai obat tradisional. Tidak cuma mengurus permasalahan rambut serta kulit kepala. Apa sajakah manfaat urang-aring untuk dunia pengobatan? Simak penjelasannya berikut ini :

1. Menyembuhkan gusi bengkak

Gusi bengkak bakal mngakibatkan rasa sakit yang mengagumkan. Tetapi semuanya dapat diobati dengan rambuan herbal orang-aring. Herba orang-aring fresh dipanggang hingga kering, lalu ditumbuk sampai halus. Tempelkan serbuk itu di bagian gusi yahng sakit.

2. Menyembuhkan koreng di kepala

Koreng di kepala umumnya dihadapi oleh anak kecil yang masihlah belum memahami tentang kebersihan badan. Apabila anak anda merasakannya, janganlah cemas. Ambillah herba Eclipta Alba seperlunya, lalu di rebus dengan air sampai mendidih. Pada saat airnya masihlah hangat, pakai untuk membersihkan kepala. Ampasnya ditumbuk serta tempelkan pada koreng.

3. Menyembuhkan keputihan

Keputihan adalah satu diantara permasalahan kewanitaan yang kerap dihadapi oleh sebagia besar wanita didunia. Serta tanaman orang-aring ini nyatanya miliki manfaat untuk mengatasinya. Langkahnya ambillah 30 gr eclipta alba fresh ditambah sari (kaldu) ayam lalu ditim, minum.

4. Hentikan mimisan

Mimisan yaitu keluarnya darah dari hidung. Anak-anak kerap alami hal semacam ini tanpa ada ada sebabnya yang tentu. Biasanya orang-tua dulu bakal memakai daun sirih untuk menangani mimisan. Tetapi, bila tak ada daun sirih, Anda dapat pakai orang-aring sebagai alternatif. Langkahnya 1 genggam herba orang-aring fresh ditumbuk lantas diperas airnya. Berikan 5 sloki air putih lalu ditim agar panas. Minum air ramuan itu 2 kali satu hari sehbais makan.

5. Menyembuhkan diare

Tanaman orang-aring dapat juga jadikan sebagai obat alternatif untuk menangani diare. Langkahnya begitu gampang. Ambillah 30 gr herba fresh orang-aring lalu di rebus. Air rebusannya diminum.

6. Batuk darah

Batuk darah adalah tandanya ada yg tidak beres pada saluran pernafasan. Langkah paling bijak yaitu dengan menghubungi dokter supaya ada kontrol selanjutnya tentang apa yang sesungguhnya berlangsung. Tetapi bila tak sangat mungkin dapat memakai resep herba orang-aring sebagai alternatif. ambillah 60 gr eclipta alba fresh lantas dilumatkan serta airnya diperas. Air perasannya diseduh dengan air hangat, lalu diminum.

7. Muntah darah

Satu diantara manfaat dari herba orang-aring ini yaitu hentikan pendarahan (hemostatic). Untuk emngatasinya, 120 gr herba fresh dilumatkan, air perasannya ditambah air kencing anak kecil seperlunya, kemduian diaduk rata serta diminum (sumber : Iptek. net. id). Untuk yang satu ini baiknya Anda fikirkan bebrapa masak sebelumnya cobanya. Terlebih untuk yang muslim lantaran air kencing anak kecil termasuk juga najis.

Langkah Bikin Minyak Urang-Aring Sendiri

Minyak urang-aring yaitu minyak yang didapat dari sistem penyulingan herba orang-aring. Tetapi saat ini telah banyak bibit urang-aring hingga lebih gampang.

Bahan-bahan


  • 3 cc bbit minyak wangi

  • 100 cc parafin

  • pewarna hijau seperlunya

  • bibit urang-aring seperlunya


Cara- Pembuatan


  1. Masukan bibit wangi-wangian, parafin serta bibit urang-aring kedalam wadah yang agak besar. Aduk sampai rata.

  2. Input pewarna hijau, aduk rata kembali.

  3. Taruh kombinasi diatas dalam wadah botol yang tertutup rapat.

  4. Langkah menggunakannya, eluarkan sekedarnya lantas berikan pada rambut.


Sekian artikel mengenai manfaat urang aring untuk kesehatan, kecantikan, perawatan rambut serta pengobatan tradisional. Mudah-mudahan uraian diatas sedikitbanyak dapat berguna untuk anda, memberi wawasan serta senantiasa ingat bakal kebesaran Tuhan melalui ciptaannya.
telegram