9 Tanda Ini Mengartikan Kalau Liver mu Bermasalah, No 3 Perlu Kamu Waspadai Karena Sering Terjadi!

Gejala liver bisa diketahui dengan kamu memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh. Liver atau hati adalah organ paling besar dalam tubuh yang mempunyai banyak fungsi. Salah satu fungsi dari organ hati atau liver yakni mengganti sel tubuh yang rusak/ hilang. Tapi, jika sel-selnya hilang maka, liver tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik.
Untuk itu, kesehatan liver harus terjaga karena begitu banyak dan penting fungsinya bagi tubuhmu. Ada banyak penyakit liver diantaranya sirosis hati, hepatitis, kanker hati dan lainnya. Penyebab penyakit liver yang paling sering adalah karena infeksi virus. Supaya kamu mengetahui kalau organ liver bermasalah, sebaiknya ketahui beberapa gejalanya.
gejala-liverInilah 9 gejala liver yang dialami tubuh:
  1. Sering merasakan kram atau sakit di perut
Organ hati atau liver terletak di bagian dada sebelah kanan di atas perut. Saat terganggu, bagian itu aakan merasakan kram dan sakit. Gejala ini bisa berulang bahkan semakin parah jika tidak segera mendapatkan penanganan.
2. Sembelit
Karena proses produksi empedu terhambat bisa menimbulkan sembelit atau susah BAB. Jika sembelit biasa pasti lebih banyak makan makanan berserat dan minum obat pencahar akan sembuh. Tapi, kalau organ liver bermasalah, sembelit berlangasung sampai beberapa minggu.
3. Nafsu makan berkurang
Satu diantara fungsi liver yakni menghasilkan empedu yang bertugas untuk memecah sari-sari makanan serta menimbulkan perasaan lapar. Kalau hati bermasalah, tentu produksi empedu terbatas menyebabkan metabolisme lambat dan memunculkan rasa kenyang di perut. Sehingga, penderita kerusakan hati akan kehilangan nafsu makannya yang pada akhirnya berat badan terus menurun.
4. Sering ingin mual dan muntah
Ketika organ hati terganggu, tubuh akan menunjukkan gejala liver seperti mual dan muntah yang berulang. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan racun dalam tubuh terutama pada saluran pencernaan. Nah, untuk menetralisir ini tubuh merangsang rasa muah hingga semua racun dimuntahkan. Apabila kamu sering merasakan muntah tanpa alasan, periksakan diri ke dokter secepatnya.
5. Terjadi perubahan warna urin dan feses
Penderita liver umumnya mengalami perubahan warna urin. Sebab, kadar bilirubin yang dihasilkan oleh organ ginjal tak dapat lagi disaring oleh hati. Inilah yang membuat warna urin berubah menjadi lebih gelap dari biasanya. Selain itu, warna feses juga ikut berubah menjadi lebih kuning atau abu-abu.
6. Perut terasa kembung
Ketika kondisi liver semakin bertambah parah, perut akan terasa kembung dan nampak lebih mengembang. Ini dikarenakan adanya penumpukan cairan hati di dalam perut. Kondisi seperti itu menandakan gejala liver yang berbahaya dan butuh penanganan tepat.
7. Kaki dan tangan menjadi bengkak
Tak hanya ada timbunan di perut, cairan yang diproduksi akan menjalar ke bagian tubuh lainnya seperti kaki dan tangan. Itu merupakan ciri yang sering dialami oleh penderita liver. Bukan hanya bengkak tapi akan terasa lembek ketika disentuh.
8. Mudah lelah
Ketika liver sudah tak mampu lagi untuk mengolah serta membuang racun dalam tubuh. Racun menjalar ke darah, jaringan otot dan organ lainnya. yang menjadikan metabolisme terhambat sehingga mengakibatkan perasaan lelah yang tak bisa dihilangkan meski sudah beristirahat.
9. Kulit lebih sensitif
Gejala liver yang terakhir adalah kulit lebih sensitif. Kulit penderitanya akan terasa gatal-gatal lalu memerah dan urat-urat nampak lebih menonjol.
Itulah 9 gejala liver yang perlu kamu ketahui, sebagai langkah waspada dalam menghadapi gangguan yang terjadi pada organ hati.
Sumber : http://postshare.co.id/archives/23808
telegram