Mama Paksa Aku Menikahi “Anak Bos Kantin”, Setengah Tahun Kemudian, Dia Baru Bilang “Alasannya” yang Bikin Aku Bengong…

2 tahun lalu waktu aku pulang, aku ngeliat mamaku di kamar kelihatannya nggak sehat. Aku bilang, “Ma, kayaknya mama sakit deh.” Tapi mama malahan nyerocos, “Nak, coba kamu pikir kamu umur berapa sekarang, apa kamu nggak mau nikah apa?” Begitu aku denger, aku langsung pengen masuk kamar aja, tapi mama langsung tarik tanganku, “Kamu udah 28 taun, dulu bilangnya belum punya kerjaan yang mapan, sekarang kan udah, dulu bilang belum punya rumah, sekarang kan udah lagi nyicil. Masih alesan apa lagi sih.. Udah kamu sekarang siap-siap, nanti sore mama kenalin kamu sama cewek. Dandan yang rapi dikit.” Aku cuman bisa bengong sambil menyetujui hal ini.
Mama sebenernya tau, kalau aku susah move on dari pacarku waktu kuliah, semenjak putus, aku memang lebih suka sendirian, lagian menurutku jomblo juga gak segitu menyedihkannya.. Mungkin waktu mau cari temen ngobrol lebih susah, tapi sisanya aku ngerasa nggak gimana juga..
Siapa yang nyangka hari ini aku bakalan dijodohin sama cewek anaknya tante kantin sebrang rumah, kantin mereka itu jualan mie dan bihun gitu, mereka memang punya anak cewek yang namanya Lily..
Sebenernya aku dan Lily udah lama saling tau, jadi waktu ketemu sore itu, dia juga cuman senyum-senyum aja, “Duh, jadi ga enak, kamu mah anak terpelajar, lulus kuliah, kita mungkin gak akan cocok, tapi aku sih suka sama kamu, terus aku bilang sama tante, eh tante langsung kenalin kamu…” katanya.
Aku cuman denger aja, biasanya Lily yang aku tau memang kalau nggak sibuk di kasir, ya lagi bikin mie. Dia sering pake masker sambil kerja, jadi aku jarang liat wajahnya langsung, sebenernya lumayan manis sih. Lily sering ngobrol sama toko-toko sebelahnya kalau lagi nganggur. Baru sekarang aku bisa bener-bener perhatiin dia, walaupun nggak cantik gimana, tapi dia polos dan manis, yah anak cewek yang berbakti sama orang tua juga.
Lily ngomong, “Kamu punya kerjaan bagus, punya pendidikan bagus, aku cuman lulusan SMA, terus cuman kerja bikin mie kayak gini. Tante bilang kamu juga suka nulis yah, aku pernah liat tulisan kamu di koran, bagus deh.”
Aku cuman bisa ketawa dan jawabin, “Ah nggak itu nulis gitu doang..”
“Boleh nggak ajarin aku Bahasa Inggris? Kemaren ada bule datang kesini, tapi aku nggak bisa ngomong apa-apa, sampe salah kasi menu.” Waktu Lily cerita, dia semangat banget, matanya seolah-olah penuh harapan, tapi ternyata aku juga seneng dengernya.
Akhirnya kami ngabisin satu sore ini ngobrol bareng, sebenernya kayaknya cuman Lily yang banyak ngomong dan aku dengerin. Aku nggak nyangka waktu akum au bayar, ternyata Lily udah bayar duluan. Aku kaget tapi Lily cuman bilang, “Tante bilang kamu juga belum kerja lama, biar kali ini aku yang traktir, lain kali giliran kamu ya.” Dalam hati aku cuman mikir, masih mau ada lain kali ya?
Walaupun bilang sama mama kalo Lily yah lumayanlah, tapi sejak saat itu aku memang gak pernah ngajak dia pergi lagi, sampe satu hari aku liat mama nangis, waktu aku tanya, ternyata cuman karna aku nggak lagi ngehubungin Lily. Akhirnya malem itu aku telepon Lily dan ajak dia pergi makan steak akhir pekan itu. Keliatan banget itu pertama kalinya Lily makan di hotel mewah, tapi aku ngerasa dia lucu.
Demi mamaku, Lily akhirnya pacaran sama aku, 3 bulan kemudian kita udah tunangan, lagian aku pikir kita udah saling tau sekian lama juga. Sejak itu mama jadi makin sering nongkrong di kantin sebrang bantu mamanya Lily. Orang tua Lily juga sebenernya baik sama mama, apalagi dengan hubungan aku sama Lily, yah memang keluarga kita bisa dibilang udah deket banget.
Gak berapa lama setelah itu aku menikah sama Lily. Lily memang istri idaman banyak cowok kali ya, dia setiap pagi bangun pagi dan siapin semua keperluan ngantor, terus masi bikini aku sarapan, terus dia bakalan pergi ke kantin bantu orang tuanya. Siang harinya, Lily pulang bersih-bersih rumah, sore hari dia pergi ke pasar buat beli keperluan kantin besoknya. Karena pekerjaan kita pun nggak sama, jadi Lily sering tanya aku ngapain aja di kantor, waktu aku ceritain, dia keliatannya serius banget dengerin, padahal aku tau dia nggak ngerti.
Walaupun kita berdua nggak banyak obrolan yang nyambung, tapi aku nggak bilang aku nggak suka dia. Demi aku, dia berubah banyak, dia panjangin rambutnya, dan cuman karna aku suka, dia belajar nanam bunga di taman, bahkan dia banyak pake waktunya buat baca buku, dan sering bilang dia harus ujian sendiri.
Lily terus maju, aku juga seneng, kadang aku pengen peluk atau cium dia tiba-tiba, cuman aku gak pernah kayak gitu sebelumnya, aku takut dia nggak biasa aku yang terlalu romantis kayak gini. Setelah kami 5 bulan menikah, Lily hamil anak kembar!!
Mama tentunya seneng banget, apalagi anak kami ternyata 1 cowok 1 cewek. Mama bilang, sejak aku nikah sama Lily, semuanya jadi semakin lancar, bahkan bisa punya anak kembar kayak gini, kurang apa hidup aku coba.. Saat inilah mama bilang, 「Untung aja kan waktu itu mama jodohin kamu sama dia. Mama udah liat, dia bisa bawa keberuntungan buat kamu, di tangannya ada tanda lahir yang bagus banget artinya, bisa bawa keberuntungan!」
Aku waktu itu cuman bengong dan bilang, “Jadi waktu itu mama paksa aku nikahin Lily cuman karna itu?”
Mama jawab, ” Ya iyalah, kalau nggak mama juga mungkin gak akan jodohin kamu sama anak yang gak kuliah. Tapi ya karna mama liat Lily juga anaknya baik sih, menantu yang ideal lah..”
Alesan ini memang bikin aku bengong, tapi yah karena aku ngeliat hidupku sekarang, aku tetep bersyukur. Aku mencintai Lily dan kedua anak kami yang sekarang hampir 1 bulan. Waktu aku nulis cerita ini, aku cuman mau bilang, cari istri itu nggak selalu harus liat penampilan luarnya, tapi harus tau luar dan dalam, karena istri yang cantik dalemnya yang bakalan bikin kamu bahagia!
Lily bilang kalau anak kami udah gede, dia mau nerusin kantin mertuaku, supaya orang tuanya bisa istirahat dan gak kerja lagi. Punya anak perempuan yang begitu berbakti dan baik hati, memang luar biasa hebat. Aku sekarang bener-bener bersyukur bisa menikahi Lily..
Sumber : http://postshare.co.id/archives/23431
telegram