Tahukah Anda? Ternyata Ikan yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup Sampai Sekarang

TAHUKAH ANDA?
Bahwa ikan yang ribuan tahun lalu menelan Nabi Yunus AS itu ternyata masih hidup sampai sekarang, bahkan sampai hari kiamat. Hal ini sudah dijelaskan dalam al-Qur’an:

“Maka kalau sekiranya dia (Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak (bertasbih) mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai Hari Berbangkit.” (QS As Shafat 143-144)

Selama di perut ikan, Nabi Yunus AS tak henti-hentinya dan terus menerus bertasbih.

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah (meinggalkan kaumnya), lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap (di perut ikan): Laa ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzdzolimin (Tidak ada ilah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim).” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al Anbiya’: 87-88)

TAHUKAH ANDA?
Bahwa janin semasa dalam kandungan perut ibunya, dia dilihatkan perjalanan hidupnya mulai dari lahir sampai mati, karena itu, terkadang ketika kita berkunjung ke beberapa tempat yang baru, tapi seolah tempat tersebut sudah tidak asing bagi kita.

TAHUKAH ANDA?
Di saat bersin, seluruh anggota tubuh kita berhenti berfungsi, seolah mati, ini terjadi dalam hitungan detik, setelah itu berfungsi normal kembali, inilah kenapa dalam Islam di sunnahkan membaca Alhamdulillah setelah bersin, sebagai ungkapan syukur atas berfungsinya kembali seluruh anggota badan kita.

TAHUKAH ANDA?
Menguap itu bukan tanda bahwa kita mengantuk, tapi itu adalah pertanda bahwa tubuh kita butuh tambahan oksigen.

TAHUKAH ANDA?
Bahwa memakan kurma dalam jumlah genap itu akan menghasilkan gula darah, karena itu Rasulullah menganjurkan kita untuk memakannya dalam jumlah ganjil, agar berubah menjadi karbohidrat.

TAHUKAH ANDA?
Bahwa tepat setelah dikumandangkannya Azan itu adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

TAHUKAH ANDA?
Di mana dosa-dosa kita diletakkan ketika kita shalat?
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya seorang hamba ketika menunaikan shalat, dia membawa serta semua dosa-dosanya, kemudian dosa-dosa itu ditaruh di atas kepala dan kedua pundaknya, maka ketika tiap kali ia ruku’ atau sujud berjatuhanlah dosa-dosa tersebut”.

Wahai orang-orang yang biasa tergesa-gesa dalam shalatnya, tenanglah… dan tahanlah lebih lama ruku’ dan sujudmu, agar lebih banyak lagi berguguran dosa-dosamu.

TAHUKAH ANDA?
Diceritakan ada seorang wanita solehah yang meninggal, maka tiap kali penduduk desa ziarah kubur, mereka mencium harumnya mawar dari dalam kubur, kemudian suaminya menjelaskan, bahwa istrinya itu semasa hidup selalu membaca surah al-Mulk, setiap mau tidur.. sesungguhnya surat al-Mulk itu menyelamatkan dari siksa kubur.

TAHUKAH ANDA?
Ketika kita membaca ayat kursi tiap usai shalat, maka tidak ada penghalang antara kita dan surga kecuali maut.

TAHUKAH ANDA?
Bahwa para malaikat mendoakan kita ketika usai shalat, karena itu jangan terburu untuk beranjak dari posisi duduk shalat kita.

Semoga bermanfaat. [YH – YangHeboh.com /fb]
telegram