Terkuak! Banyak yang Belum Tahu, Mengapa Sebagian Orang Punya Lubang Kecil di Telinga

Beberapa orang dilahirkan dengan sebuah lubang kecil di atas telinga mereka. Maksudnya, lubang tersebut bukan karena mereka pasang tindik, tapi sebuah lubang kecil yang muncul secara alami.

Memang hanya sekian persen dari makhluk bernama manusia yang memiliki lubang kecil tersebut. Lagipula, lubang tersebut hampir tidak terlihat oleh mata telanjang sehingga sedikit yang mengetahuinya.

Secara ilmiah, lubang kecil yang ada sejak lahir pada segelintir manusia itu disebut dengan sinus preauricular.

Mengapa bisa muncul?

Di Inggris, jumlah orang yang memiliki sinus preauricular hanya di bawah satu persen. Di Amerika Serikat jumlah lebih rendah lagi. Sementara di Asia dan sebagian Afrika, sekitar 4-10 persen orang memiliki lubang kecil di atas telinga mereka.

Sinus preauricular ini biasanya muncul di bagian luar telinga, terutama di pertemuan antara 'wajah' dan tulang rawan telinga.

Secara teknis, sinus preauricular ini adalah cacat lahir keturunan. Kelainan ini pertama kali didokumentasikan oleh seorang ilmuwan bernama Van Heusinger pada tahun 1864. Biasanya sinus preauricular ditemukan di satu sisi. Tetapi sekira 50 persen orang memilikinya di kedua telinga.

Menurut Business Insider, salah satu ahli biologi evolusi, Neil Shubin, mengatakan lubang ini bisa menjadi bukti 'sisa-sisa evolusi dari insang ikan'.

Dan jika Anda adalah bagian dari salah satu yang memiliki sinus preauricular ini, biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena cenderung tidak menimbulkan masalah.

Masalah yang paling mungkin muncul adalah ketika lubang tersebut mengalami infeksi. Namun biasanya akan sembuh setelah diobati dengan antibiotik.

Meskipun demikian, untuk menghilangkan masalah yang timbul memerlukan tindakan operasi bedah.

(Sumber: mirror.co.uk)
telegram